Mandiri dalam Kelola Sampah

32

TASIK – Pemerintah Desa Kudadepa Kecamatan Sukahening terus berupaya mandiri dalam pengelolaan sampah. Salah satunya dengan membentuk bank sampah yang dikelola masyarakat.

“Di desa saat ini tidak sedikit sampah yang menumpuk, baik di saluran irigasi atau pinggir-pinggir jalan. Sehinga kami berinisiatif membuat bank sampah,” ujar Kepala Desa Kudadepa Kecamatan Sukahening Yeni Nurmala kepada Radar setelah talkshow Bincang Radar di Radar TV, Jumat (14/12).

Yeni mengatakan bank sampah ini akan mengumpulkan sampah di setiap RT. Sampah yang dikumpulkan mulai dari organik mau pun anorganik. Nantinya akan ada penjadwalan khusus untuk mengolah sampah yang dikumpulkan.

“Pelatihan misalnya memilah sampah plastik untuk dibuat kerajinan yang menarik dan bisa dijual sebagai tambahan penghasilan. Sedangkan untuk sampah basah diolah menjadi pupuk kompos,” bebernya.

Ke depan, kata dia, pemerintah desa akan mengalokasikan dana desa (DD) tahun depan untuk pengadaan mesin pengolah sampah. Termasuk motor roda tiga untuk mengangkut sampah di setiap RT.

“Dengan konsep ini warga menjadi tidak buang sampah sembarangan. Karena sampah bisa disulap menjadi barang yang mempunyai nilai untuk dijual. Dampaknya perekonomian warga meningkat dan lingkungan bersih,” bebernya.

Selain itu, kata dia, ibu-ibu juga fokus pada industri rumahan dalam olahan makanan ringan. Bahan yang digunakan mulai dari ubi, singkong dan lainnya.

“Tahun depan kita alokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Sehingga potensi yang sudah ada bisa semakin ditajamkan dan menjadikan produk unggulan Desa Kudadepa,” katanya.

Roroh Himah (45), salah satu pembuat makanan ringan dari ubi mengatakan usaha ini sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Dalam menjalankan usaha ini dilakukan oleh lima orang.

“Awalnya saya buat hanya untuk konsumsi sendiri. Tapi lama-lama banyak warga yang suka dan sekarang sudah banyak pesanan dengan harga yang bervariatif,” pungkasnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.