Manfaatkan Ruang Baca Komunitas di Kota Banjar Disaat Pandemi Covid-19

41
0

KASUS Covid-19 di Kota Banjar terus bertambah. Efeknya, di dunia pendidikan, sejumlah murid SDN 5 Banjar memanfaatkan ruang baca di sekitar tempat tinggalnya mencari bahan pembelajaran dan mengerjakan tugas.

Pendiri Ruang Baca Komunitas (RBK) Sofian Munawar mengatakan sejak wabah Covid-19 merebak, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dialihkan ke sistem daring atau luring (home visit).

“Iya, malah sering dari sekolah ditugaskan untuk ke RBK. Mereka belajar sambil mengerjakan tugas dari gurunya di sini (RBK, Red),” ujar dia kepada wartawan, Senin (28/9).

Menurut dia, di RBK terdapat banyak buku. Diantaranya, novel, dongeng dan lainnya. Ada juga buku pelajaran dari mulai SD, SMP, SMA/SMK. Sehingga mereka dengan bebas mencaci bahan referensi tugas dari guru.

Baca juga : KBM Tatap Muka di Kota Banjar Ditutup Lagi

Sebelum pandemi, beberapa sekolah mengadakan pembelajaran di luar kelas dan merekomendasikan siswanya mencari buku ke RBK.

“Kadang ada siswa SMA jurusan IPS yang sering cari buku referensi tambahan dan juga ada beberapa mahasiswa yang sedang skripsi mencari bahan referensi,” jelasnya.

Terang dia, dampak Covid-19 saat ini membuat pelajar banyak belajar di rumah secara daring, sehingga berdampak ke pengunjung datang ke RBK jumlahnya dibatasi agar terhindar dari penularan corona.

Meski demikian, masih ada sejumlah pelajar yang datang ke RBK karena mendapat tugas dari gurunya. Namun waktu kunjungan pun dibatasi tidak boleh terlalu lama. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.