Brasil vs Paraguay

MANGSA EMPUK SELECAO

38
0

PORTO ALEGRE – Tuan rumah Brasil salah satu favorit juara di Copa America 2019 kali ini. Sejauh ini, belum ada yang meragukan Selecao, mengingat perjalanan Dani Alves dan kawan-kawan ke babak perempat final berjalan mulus dan tanpa sekali pun kebobolan.

Nah, di fase gugur kali ini, Brasil akan ditantang Paraguay di Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6) pagi pukul 07.30 WIB. Di atas kertas, Brasil akan menjadikan Paraguay sebagai mangsa yang empuk.

Melawan Paraguay, Brasil dalam kondisi kepercayaan diri yang tinggi. Selama Copa America 2019 berlangsung, Brasil memiliki pertahanan yang kukuh. Mereka belum kebobolan satu gol pun. Brasil selalu clean sheet dalam lima laga terakhir mereka.

Dua gol Philippe Coutinho dan satu gol Everton Soares membawa Brasil menang 3-0 atas Bolivia di pertandingan perdana. Brasil kemudian meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Venezuela. Sempat memasukkan dua gol, namun dua gol yang diceploskan Gabriel Jesus dan Coutinho dianulir dengan VAR. Tim besutan Tite dipastikan lolos setelah telak 5-0 atas Peru di laga pemungkas.

Lima gol yang digelontorkan ke kandang Peru, masing-masing satu gol diciptakan oleh Casemiro, Roberto Firmino, Everton, kapten Dani Alves dan Willian. “Pemain mampu menjalankan semua strategi yang kita terapkan. Mereka bermain sangat bagus sepanjang babak di fase grup,” kata pelatih Brasil Tite seperti dilansir Sky Sports.

Beda dengan Brasil, langkah berliku dilalui Paraguay. Mereka lolos dari Grup B dengan sedikit keberuntungan. Wajar, di sana dihuni sejumlah tim kuat seperti Kolombia dan Argentina.

Pada laga pertama, Paraguay hanya memetik hasil imbang 2-2 saat melawan tim undangan Qatar. Ironisnya, Paraguay sempat unggul 2-0 terlebih dahulu melalui penalti Oscar Cardozo dan gol Derlis Gonzalez. Namun mereka balik kecolongan dua gol balasan Qatar.

Pun demikian saat melawan Argentina. Paraguay kembali membuang keunggulan di laga kedua. Pasukan Eduardo Berizzo sempat memimpin lewat gol Richard Sanchez, sebelum Lionel Messi mencetak gol dari titik penalti untuk membawa Argentina menyamakan kedudukan.

Di laga terakhir, Paraguay justru menyerah 0-1 saat melawan tim kuat Kolombia. Meski demikian, Paraguay berhak melangkah ke perempat final bersama Kolombia dan Peru. Banyak hal yang harus kita benahi. Tim ini terus berkembang, kata pelatih Paraguay Eduardo Berizzo di ESPN.

Dalam pertemuan terakhir mereka, di kualifikasi Piala Dunia 2018, Brasil mengalahkan Paraguay 3-0 lewat gol-gol Philippe Coutinho, Neymar dan Marcelo. Melihat statistik kedua tim, Brasil memang unggul segalanya atas Paraguay. Jika Selecao lolos ke babak semifinal, mereka akan berjumpa pemenang laga antara Venezuela melawan Argentina. (wsa/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.