Mantan Dekan FIK Unigal Jadi Tersangka

118
Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya PAPARKAN. Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK MH memaparkan kasus dugaan penggelapan dana yang dilakukan mantan Dekan FIK Unigal berinisial TJ, Rabu (9/1).

CIAMIS – Satuan Reskrim Polres Ciamis menetapkan mantan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis berinisial TJ sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan uang senilai Rp 73.880.000.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK MH menerangkan TJ dilaporkan oleh pihak Rektorat Unigal pada Mei 2018 atas dugaan penggelapan uang Rp 73.880.000. Tim penyidik langsung menindaklanjuti kasus tersebut.

Dari hasil penyelidikan, diketahui TJ memerintahkan stafnya untuk mencairkan uang kegiatan sebesar Rp 155 juta dari pihak Rektorat Unigal. Sedangkan uang yang dibutuhkan FIK hanya sebesar Rp 81 juta.

Adapun sisa uang Rp 73 juta itu rencananya akan dibagi-bagikan TJ kepada beberapa orang. Namun, niat tersebut tercium oleh pihak Rektorat Unigal. Akhirnya uang kelebihan itu gagal dibagi-bagikan, lalu dikembalikan ke rekening BNI atas nama FIK Unigal. “Kita ketahui dalam kasus ini TJ sudah ada niatan melakukan hal tersebut (dugaan penggelapan uang, Red.),” jelasnya kepada wartawan saat ekspose kasus di Mapolres Ciamis, Rabu (9/1).

Selama proses penyidikan, TJ tidak ditahan. Karena, yang bersangkutan sudah bersikap kooperatif ketika diperiksa. Atas perbuatannya itu TJ dikenakan Pasal 374 KUHP Jo Pasal 372 KUHP atau Pasal 362 KUHP tentang Tidak Pidana Penggelapan dalam Jabatan. “Bila memang sudah P21 atau lengkap, pihaknya akan segera melimpahkannya nanti ke Kejaksaan Negeri Ciamis,” kata Bismo. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.