Mantap! Selangkah Lagi Geopark Pongkor Bogor Bakal Diakui Dunia

21

Geopark Pongkor, Selain menjadi destinasi wisata alternatif, pemerintah daerah rupanya tengah mengajukan peninggalan zaman Sunda kuno ini ke Unesco di bawah naungan PBB.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengakui jika Geopark Pongkor di wilayah barat Bumi Tegar Beriman itu sudah masuk tingkat nasional.

Rencananya, penetapan ser­tifikat geopark di kawasan Wisata Alam Cikaret PT Antam Pong­kor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor akan dilakukan Ju­mat (30/11/18).

Kepala Bidang Penetilian Pembangunan (Litbang) pada Badan Perenca­naan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Iskandar Zulkarnain mengatakan, ada tiga tahapan progress yang ditempuh untuk pembangunan Geopark Pong kor, pertama progress lokal, nasional, dan progres internasional.

“Kita sudah sampai pada ta­hap pnasional. Akhir bulan ini kita mendapatkan sertifikat penetapan Geopark Pongkor dari Menko Maritim dan diakui secara nasional,” kata Iskandar saat dikonfirmasi, Selasa (26/11/18).

Setelah sertifikat nasional didapatkan, sambung dia, pa­ling cepat Pemkab Bogor akan mendapatkan pengakuan dan penetapan dari Unesco dua tahun kedepan.

“Kalau semuanya kompak dan bekerjasama, itu bisa disele­saikan cepat dalam waktu dua tahun. Mudah-mudahan semuanya kompak,” ucapnya.

Iskandar menjelaskan, ada 15 Kecamatan yang terdata Geopark Pongkor di antaranya, Kecamatan Nanggung, Cigudeg, Sukajaya, Cibungbulang, Tenjo, Rumpin, Ciampea dan Ke­camatan Tamansari.

”Geopark Pongkor akan mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk masyarakat. Dari sisi ekonomi, dia memastikan geopark mampu memberikan keutungan dan meningkatkan roda peronomian warga,” bebernya.

Ia menjelaskan, dalam jangka panjang masyarakat bisa membuka peluang usaha di kawasan Geopark Pongkor. Misalnya homestay yang dapat dibangun warga untuk keperluan penginapan wisatawan, namun tetap dengan catatan tidak melanggar aturan tata ruang yang ada.

Sementara itu, Camat Nanggung Muliadi menjelaskan, penetapan sertifikat Geopark Pongkor akan dipusatkam di Nanggung dengan dihadiri pejabat tinggi dari Pemkab Bogor dan Pemprov Jawa Barat.

“Insyaallah akan hadir beberapa pejabat baik dari Bupati Bogor Nurhayanti, Ade Yasin bupati terpilih, wakil Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bogor Bima Arya,” kata Muliadi.

Ia berharap, semua elemen mendukung Geopark Pongkor ini. Karena peningkatan ekonomi hingga kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah barat ini juga akan terpengaruh dengan hadirnya geopark.

“Targetnya bisa mendatang­kan wisatawan yang banyak. Masyarakat bisa memanfaatkan itu. Apalagi Geopark Pongkor nantinya diakui dunia,” tegasnya.

(MTR/mul/yok/pojokbogor)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.