Hari Ini Pemkab Diagendakan Bawa Kepres ke Banmus

Maraton Bahas Bupati Definitif

5
ilustrasi

SINGAPARNA – Hari ini, Pemkab Tasikmalaya bersama Badan Musyawarah (Banmus) DPRD mengagendakan membahas soal keputusan presiden (kepres) dilantiknya Uu Ruzhanul Ulum menjadi wakil gubernur Jabar. Kepres tersebut sebagai dasar pengusulan bupati definitif kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita akan membahas soal pengusulan bupati definitif bersama Banmus DPRD besok (hari ini, Red), karena dasarnya sudah ada,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir H Zaenal Purkon kepada Radar, Rabu (19/9).

Eksekutif mengharapkan pembahasan dilakukan secepatnya. Sehingga kekosongan bupati definitif bisa diisi dalam waktu dekat ini. Karena bagaimana pun kekosongan jabatan kepala daerah definitif ini penting untuk segera diisi. “Untuk mengisi itu harus diawali dengan pembahasan di Banmus yang ditindaklanjuti dengan rapat paripurna sebelum diusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat siap melaksanakan pembahasan bupati definitif melalui Banmus. Karena kepres yang menjadi dasar pembahasan tersebut sudah diterima pemerintah daerah. “Kalau sudah ada (kepres), ya tinggal kita bahas saja di Banmus,” ujarnya.

Menurutnya, jika tidak ada halangan pembahasan Banmus diagendakan hari ini atau minggu ini. Prosesnya tidak lama dan selesai dalam satu kali pertemuan. “Rapat Banmus hanya pembahasan satu kali kemudian langsung mengagendakan rapat paripurna.

Ya kalau di Banmus minggu ini, rapat paripurna kita agendakan minggu depan,” terangnya.

DPRD akan melaksanakan rapat paripurna hanya soal persetujuan bersama dengan eksekutif bahwa Ade Sugianto diusulkan sebagai bupati definitif menggantikan Uu Ruzhanul Ulum. “Setelah ada hasil rapat paripurna baru kita serahkan ke pemerintah provinsi dan pusat untuk disetujui dan dilakukan pelantikan,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.