Masa Orientasi Kenalkan Lingkungan Sekolah

206
0
Ilustrasi

CIAMIS – Masa orientasi siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan Senin-Sabtu (15-20/7). Ajang tersebut untuk pembentukan akhlak dan bukan pembulian terhadap peserta didik baru.

Kepala SMP Negeri 4 Kabupaten Ciamis Yudi Nugraha SPd mengatakan, pembentukan pendidikan karakter dalam sistem pembelajaran siswa baru bisa dikenalkan dalam momen masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang dilakukan secara menyenangkan dan pembinaan akhlak yang baik.

“Tentunya kegiatan ini tidak mengandung budaya kekerasan atau pembulian. Karena ini sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di lingkungan sekolah itu,” katanya kepada Radar.

Lanjut dia, kegiatan ini pun untuk menghilangkan bentuk kekerasan atau buli terhadap peserta didik baru. Walaupun selama ini sudah tidak terjadi lagi aksi seperti itu. Sehingga masa orientasi siswa ini bisa benar-benar bermanfaat bagi siswa baru sebelum masuk sekolah.

Kata dia, masa orientasi ini akan diikuti oleh 224 siswa baru dan melibatkan unsur guru, siswa dan pemerintahan di Kabupaten Ciamis. Peserta akan diberikan pengetahuan tentang sivitas akademik dan pengamalan salat yang membentuk pendidikan karakter.

“Selain itu, bekerja sama Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Badan Narkotika Nasional untuk menyosialisasikan bahayanya narkoba. Kemudian dari kepolisian memberikan pemahaman supaya jangan salah pergaulan dan tata tertib berlalu lintas,” katanya, menjelaskan.

Ketua Panitia MPLS yang juga Ketua Osis 2018/2019 SMP Negeri 4 Ciamis Nesya Cahya Putri Pratama mengatakan, kegiatan nanti lebih ditekankan kepada pengenalan sekolah terhadap siswa baru. Kemudian diisi juga berbagai kegiatan positif dan menghindari hal-hal yang merugikan bagi peserta didik baru. “Kegiatannya lebih objektif (sesuai peraturan sekolah, Red) saja untuk melaksanakan MPLS. Sehingga bisa mengenalkan lingkungan sekolah dan tentunya tidak menggunakan cara pem­bulian,” katanya.(mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.