Masa Tenang Jangan Pecah

23
TERTIBKAN. Alat peraga kampanye (APK) diturunkan petugas gabungan pada Minggu (14/4) dini hari. Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kodim 0613 dan Polres Ciamis menertibkan alat peraga kampanye (APK) pada Minggu (14/4). APK yang dibabat sekitar pukul 01.00 itu berasal dari Jalan Jenderal Sudirman, Ir H Juanda, Cokro, Iwa Kusuma Somantri, Cipto Mangun Kusimo dan lainnya.

Anggota Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Tindak Lanjut Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Ciamis Fanny Dwiriantini menerangkan, APK tersebut ditertibkan karena sudah memasuki masa tenang yang akan berlangsung hingga hari H pencoblosan, Rabu (17/4). Penertiban ini serempak dilaksanakan di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis. “Hasil penertiban itu ratusan APK berhasil diamankan dan disimpan di Satpol PP Ciamis,” kata Fanny kepada wartawan di Kantor Bawaslu Jalan Jenderal Sudirman kemarin.

Pihaknya sudah memberikan imbauan kepada para peserta pemilu untuk menertibkan APK masing-masing sebelum masa tenang. Peserta juga diingatkan untuk tidak menjanjikan atau memberikan imbalan kepada para pemilih. “Kami melaksanakan penertiban itu berdasar pada UU No 7/2017, PKPU No 23/2018 tentang tahapan kampanye dan juga Peraturan Bawaslu RI No 28 tentang Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum,” ujar dia.

Dia berharap semua peserta kampanye menaati aturan dan saling menjaga kondusivitas di masa tenang. Para peserta tidak boleh saling menyudutkan satu sama lain sehingga menimbulkan perpecahan. “Saya imbau kepada peserta pemilu di Kabupaten Ciamis untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta selalu menebarkan kesejukan hingga selesai pencoblosan,” kata dia. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.