Terus Dorong Pembentukan DOB Garut Selatan

Masih Ada Desa yang Berpikir

33
0
H Rudy Gunawan

GARUT KOTA – Proses pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan (Garsela) terus dilakukan. Saat ini, dalam tahap pembaharuan data. Hal tersebut dikatakan Bupati Garut H Rudy Gunawan.

“Jadi kita faktualisasi kembali,” ujar Rudy kepada wartawan di Pendopo Garut Kecamatan Garut Kota Minggu (8/12). Hasil pendataan di 16 kecamatan yang nantinya akan masuk ke wilayah Garut Selatan, kata dia, masih ada beberapa desa di Kecamatan Cikajang yang memerlukan waktu berpikir.

Mereka berpikir karena jika bergabung ke Garut Selatan akses yang dilalui cukup jauh. “Bukan menolak (bergabung dengan Garut Selatan, Red). Tapi sedang dipikirkan dulu. Kami juga masih negosiasi terus,” katanya.

Menurut Rudy, sesuai perda pada tahun 2006 Cikajang memang ikut bergabung ke Garut Selatan. “Kami ikuti perda lama. Perda itu ada 16 kecamatan, termasuk Cikajang,” katanya.

Saat ini setiap desa, lanjutnya, masih melakukan rapat dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terkait rencana pemekaran. Pemkab juga sedang memperbaiki semua dokumen untuk pemekaran. “Kami juga di tingkat kabupaten terus membantu mempersiapkan pemekaran Garut Selatan ini,” ujarnya.


Terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Garut Fraksi PDI Perjuangan Dadan Wandiansyah siap mendorong pemekaran Garut Selatan. Selain merupakan warga asli Garut Selatan, dia mendorong pembentukan DOB karena banyak menerima keluhan masyarakat tentang ketimpangan pembangunan.

“Dalam reses, saya banyak mendengar keluhaan para tokoh masyarakat soal timpangnya pembangunan di wilayah selatan,” ujarnya.

Menurutnya, ketimpangan pembangunan sangat terasa, khususnya di Kecamatan Bungbulang. Dari mulai pembangunan jalan hingga pembangunan fisik lainnya. “Pembangunan (di Bungbulang, Red) sangat timpang bila dibandingkan dengan wilayah lain yang berada di sekitar Garut Kota,” katanya.

Tidak hanya pembangunan fisik, ketimpangan di sektor pendidikan, kesehatan, ketersediaan air bersih juga masih menjadi pekerjaan rumah. “Saya mendorong terlaksananya pemekaran DOB Garut Selatan. Di DPRD telah memperjuangkan untuk menyelesaikan administrasi kelengkapan pemekaran dengan menyediakan dana dari APBD Garut,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.