Beranda Kota Tasik Masih Kota Termiskin, Pemkot Tasik Siapkan Program 1.000 WUB

Masih Kota Termiskin, Pemkot Tasik Siapkan Program 1.000 WUB

128
0
BERBAGI

KOTA TASIK – Meski sudah menjadi daerah perkotaan, Kota Tasikmalaya ternyata masih menyandang predikat sebagai kota dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Jawa Barat.

Wali Kota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan adalah dengan cara menciptakan wirausaha baru.

Melalui program ini, kata Budi, dipercaya bisa turut mengurangi jumlah pengangguran di Kota Tasik yang juga akan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan.

“Kami punya program mencetak 1.000 wirausaha baru (WUB). Selain dinas tenaga kerja, dalam program ini juga ada 4 dinas lain yang dilibatkan. Yakni dinas pertanian, dinas perindustrian dan perdagangan, dinas pendidikan, dan dinas pariwisata,” ujarnya saat menyampaikan sambutan dalam acara Musrenbang RKPD tahun 2019, di Balai Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, Rabu (14/3).

Budi menambahkan, nantinya dinas terkait masing-masing akan memberikan pelatihan wirausaha kepada para calon wirausaha yang memiliki gagasan usaha inovatif dan kreatif.

“Melalui pelatihan dari dinas-dinas tadi, kita siapkan mereka menjadi tenaga terampil yang siap menjawab tantangan global,” tandasnya.

Selain fokus mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, di tahun 2019 pemerintah memprioritaskan pembangunan dalam 6 aspek strategis lain.

Diantaranya adalah peningkatan tata nilai kehidupan masyarakat dan kebudayaan daerah; kualitas sumber daya manusia dan pelayanan dasar; pengarusutamaan gender dan ketahanan keluarga; pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta daya beli masyarakat; peningkatan infrastruktur publik, pemukiman dan lingkungan hidup; dan tata kelola pemerintahan yang profesional, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. (sal)

loading...

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.