Masjid Harus Sediakan Rest Area

181
0
LAYANI. Suasana di Masjid Al Gani Ciamis, Senin (27/5). Masjid-masjid di pinggir jalur selatan Ciamis harus menyediakan rest area bagi para pemudik. Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis menginstruksikan kepada seluruh pengurus DKM yang berada di jalur selatan Ciamis untuk membuka fasilitas masjid sebagai rest area bagi para pemudik Lebaran.

Ketua DMI Kabupaten Ciamis H Wawan S Arifien menerangkan pihaknya telah mengirimkan surat ke DKM-DKM agar membenahi dan menyiapkan berbagai fasilitas di masjid untuk menjamu para pemudik yang umumnya dari Jabodetabek menuju Jawa Tengah. Rest area tersebut diprioritaskan untuk masjid-masjid yang berada di pinggir jalan.

Menurut dia, di jalur selatan Ciamis dari Cihaurbeuti sampai Cisaga terdapat 20 masjid besar dan 10 masjid kecil yang siap digunakan untuk rest area para pemudik. Termasuk Masjid Agung Ciamis. Untuk masjid besar memiliki lahan parkir yang representatif, bisa menampung kendaraan mobil cukup banyak. Sedangkan masjid-masjid kecil hanya mampu menampung sepeda motor. “Kami mengharapkan kepada pengurus DKM juga, melayani para pemudik yang memilih masjid untuk beristirahat saat di perjalanan,” ucapnya.

DMI juga mengingatkan kepada para pengurus DKM agar tetap memperhatikan kebersihan masjid, pasokan air dan penerangan. Alangkah baiknya ada tempat khusus bagi para pemudik yang ingin beristirahat.

Melayani para pemudik menjadi suatu keharusan lan­taran mereka merupakan sau­dara seiman yang se­dang berjuang menuju kam­pung halamannya untuk ber­silaturahmi dengan keluar­ganya. Karena silaturahmi adalah perbuatan yang sangat baik, jadi harus turut serta membantu mereka. “Kami siap layani pemudik dan kami juga pasti mendoakan supaya selamat sampai tujuan. Bila memang capai istirahat ke masjid terdekat saat melintas di Ciamis. Jangan memaksakan diri,” ujar dia.

Wawan menambahkan, untuk keamanan dan ketertiban di masjid selama menjamu pa­ra pemudik, pihaknya te­lah berkoordinasi dengan apa­rat kepolisian. “Tentunya upa­ya kami melayani semua pe­mudik yang beristirahat dan ter­buka selama 24 jam,” ujar dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.