Sungai Dijadikan Tempat Sampah

Masyarakat Banjar Khawatir Terjadi Banjir Ketika Musim Hujan

62
0

BANJAR – Masyarakat di Kecamatan Banjar mengeluhkan bau menyengat dari sampah di sekitar Sungai Cipaingan, anak Sungai Citanduy. Sungai di perbatasan Lingkungan Banjarkolot Kelurahan Banjar dengan Dusun Karangtengah Desa Balokang itu.

“dijadikan” tempat sampah oleh oknum tidak bertanggung jawab.
“Sering lewat sini, cuma baru kali ini saja agak bau busuk menyengat,” kata salah seorang pengendara sepeda motor Yudi (39) Kamis (21/11). Dirinya mengaku prihatin atas menumpuknya sampah di sekitar sungai.

Menurut dia, tumpukan sampah dikhawatirkan menyebabkan terjadi banjir ketika musim hujan. “Pada dasarnya sungai itu harus bersih dari sampah karena bisa merusak ekosistem. Apalagi kebanyakan sampah yang dibuang merupakan sampah rumah tangga,” tuturnya.

Dia menduga ada oknum yang sengaja membuang sampah sembarangan saat melintas di sungai tersebut. Dia berharap pemerintah setempat bisa menindak siapa yang melakukan buang sampah sembarangan.

Terpisah, Lurah Banjar Irfan Fauzi mengatakan tumpukan sampah di sekitar Sungai Cipaingan sudah lama dibiarkan.

“Insyaallah besok (hari ini, Red) rencana kita langsung akan melakukan operasi bersih. Mengam­panyekan bebersih kepada masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Setelah dibersihkan, di sekitar lokasi rencananya akan ditulis larangan buang sampah. “Kalaupun masih ada yang buang, nanti akan ada sanksi tegas,” katanya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.