Masyarakat Diimbau Bertindak Bijak

36
0
KOMPAK. Pemerintah Kota Tasikmalaya, TNI, Polri, tokoh agama dan unsur masyarakat kompak menjaga kondusivitas daerah menjelang sidang gugatan Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka foto bersama usai apel konsolidasi di Mapolres Tasikmalaya Kota Kamis (13/4). Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya

BUNGURSARI – Menjelang sidang sengketa Pemilu 2019 yang dibuka Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (14/6), kemarin, stakeholders di Kota Tasikmalaya mengajak masyarakat supaya bersikap positif dan mempercayakan sengketa yang digugatkan terhadap lembaga negara.

Pemkot Tasikmalaya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta elemen masyarakat dan ulama, mendeklarasikan penolakan kekerasan dan kerusuhan dalam menghadapi sidang gugatan MK.

“Ini deklarasi bersama dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan, mengajak supaya masyarakat menunggu hasil dan mempercayakan secara konstitusional proses gugatan nanti,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman usai apel konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya di Mapolres Tasikmalaya Kota, Kamis (13/6).

Wali Kota meminta masyarakat menunggu keputusan MK dengan bijak. Masyarakat diimbau berkhusnudzon terhadap MK bahwa seluruh proses sidang bakal dilaksanakan sesuai ketentuan dan koridor hukum yang berlaku.

“Ada pun hasilnya nanti seperti apa, harus diterima masyarakat Indonesia termasuk Kota Tasikmalaya. Percayakan pada lembaga negara. Tidak perlu berbondong-bondong pergi ke sana,” tuturnya meminta.

Budi bercerita pada Pilkada 2017, Kota Tasikmalaya sudah mengalami hal serupa. Terjadi gugatan terkait hasil pesta demokrasi yang ditangani MK. Kemudian, masyarakat secara umum dapat menerima hasil keputusan MK dengan lapang dada. “Dulu kita punya pengalaman berharga, alhamdulillah keputusan MK saat itu dapat diterima semua pihak,” terangnya.

“Persatuan dan kesatuan menjadi modal besar bagi kita, terutama dalam membangun daerah sesuai visi Kota Tasikmalaya yang religius maju dan madhani,” kata Budi melanjutkan.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf mengajak semua pihak bersinergi. Sebab, Polri dan TNI selaku penjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dan peran serta masyarakat luas. “Kita harapkan nuansa yang sudah harmonis selama ini tetap terjaga sehingga kita saling mengisi dalam menjaga kamtibmas,” tandasnya. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.