Walikota Meminta Masyarakat Bijak Berkomunikasi

22
DEKLARASI PEMILU DAMAI. Pengurus partai politik dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Tasikmalaya mendeklarasikan pemilu damai di Aulia Hall Center Jumat (15/3). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

BUNGURSARI – Menjelang kampanye terbuka Pemilu 2019, potensi gangguan kondusivitas meningkat. Ancaman hoaks dan ujaran kebencian menjadi salah satu kekhawatiran pemerintah dan aparat hukum.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengajak masyarakat, termasuk para peserta pemilu untuk melaksanakan kontestasi politik ini dengan damai. Dia percaya Kota Santri ini bisa tetap akur meskipun berbeda pilihan. “Karena selama ini setiap pemilu berakhir dengan damai,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan di Silaturahmi Kamtibmas Polres Tasikmalaya Kota, Forkominda dan para Caleg di Aulia Hall Center, Jumat (15/3).

Wali Kota pun mengingatkan supaya masyarakat tidak terpengaruh informasi-informasi bohong yang beredar di media sosial atau melalui komunikasi verbal. “Karena di luar sana ada yang berupaya mengadu domba kita,” katanya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf SIK SH mengakui bahwa beredarnya hoaks dan ujaran kebencian menjadi salah satu perhatian aparat kepolisian. Pihaknya akan berupaya melakukan counter dengan komunikasi yang baik dengan masyarakat. “Ya, tentu itu jadi salah satu perhatian kita,” terangnya.

Maka dari itu masyarakat dimintanya lebih bijak dengan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya. Supaya berita bohong yang bisa memecah belah kerukunan tidak semakin menyebar. “Kami akan bertindak tegas bersama Bawaslu dan yang lainnya,” tuturnya.

Potensi kerawanan lainnya, kata Kapolresta, berkaitan dengan gesekan massa di lapangan. Terlebih masyarakat dalam waktu dekat akan menghadapi agenda kampanye atau rapat terbuka di lapangan. Biasanya, itu melibatkan massa dengan jumlah besar. “Kami pegang komitmen dari peserta yang diwakili oleh masing-masing pengurus partai untuk menjaga kondusivitas,” ujar perwira menengah ini.

Dalam silaturahmi tersebut, dilaksanakan juga deklarasi pemilu damai yang dilakukan oleh perwakilan pengurus parpol yang ada di Kota Tasikmalaya. Hadir juga dalam kesempatan itu KPU Kota Tasikmalaya, Bawaslu Kota Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad SE, Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Pandu Adi Subrata SH dan perwira Brigif Raider 13 Galuh serta undangan lainnya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.