Masyarakat Rentan Disusupi Informasi Hoax

14
Letkol Inf Asyraf Azis

GARUT KOTA – Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Azis menyebutkan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 masyarakat rentan disusupi berbagai informasi yang menyesatkan atau hoax.

“Informasi hoax akan menjadi pola yang akan muncul di masyarakat ketika menjelang pelaksanaan Pemilu ini. Fitnah, hoax dan ujaran kebencian ini memang tidak jarang menjadi salah satu pola yang diharapkan muncul di masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu oleh salah satu kelompok,” ujarnya kepada wartawan Rabu (5/12).

Banyaknya masyarakat yang melakukan ujaran kebencian, kata dia, sangat mungkin memicu terjadinya keributan hingga konflik personal maupun komunal.

“Di wilayah lain sudah mulai terjadi, bahkan ada yang sampai meninggal dunia akibat permasalahan seperti ini,” terangnya.

Maka dari itu, dirinya berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Garut tidak menyebar fitnah, hoax hingga melakukan ujaran kebencian.

“Saya harap masyarakat Garut biasa berfikir positif dan tidak terpengaruh dengan informasi hoax,” terangnya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat senantiasa mewujudkan Pemilu yang damai. “Setiap masyarakat tentu tidak menjadi salah ketika mendukung salah satu calon, namun dukungannya jangan kemudian diikuti dengan hoax, fitnah hingga melakukan ujaran kebencian kepada calon,” terangnya.

Dandim mengatakan Pemilu harus tetap menjadi pesta demokrasi rakyat. Jangan sampai berubah menjadi kekerasan sesama masyarakat karena perbedaan pilihan dan pendapat.

“Dalam Pilpres dan Pileg boleh saja beda pilihan, tetapi tentunya yang harus diingat adalah jangan sampai persatuan dan kesatuan ditinggalkan gara-gara politik,” ucapnya.

Ia pun mengingatkan pelaku penyebar fitnah, hoax dan ujaran kebencian akan berhadapan dengan sanksi hukum. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.