Material Longsoran yang Menutup Jalan di Mangunreja Tasik Dievakuasi

220
0

KABUPATEN TASIK – Sejumlah petugas gabungan telah melakukan pembersihan material longsor di akses jalan Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Cikeusal-Warung Legok, tepatnya di Desa Pasiralam, Kecamatan Mangunreja, Kamis (23/1) sore.

Alat berat berupa ekskavator digunakan untuk mengeruk material tanah yang sebagian masih menutup jalan, dan mobil pemadam kebakaran (Damkar) menyemprot air ke jalan.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, jajarannya bekerja sama dengan berbagai elemen mulai dari TNI, Polri, dan petugas damkar, untuk secepatnya membersihkan sisa material longsoran dan membuka akses jalan.

Pasalnya, jalan itu merupakan salah satu akses utama untuk warga sekitar. “Harapannya hari ini jalan sudah bisa dibuka lagi. Besok paling lambat sudah bisa berfungsi,” kata dia kepada wartawan.

Terang Dede, berdasarkan peta kerawanan bencana yang dimiliki BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Desa Pasiralam merupakan salah satu wilayah yang memiliki kerawanan bencana sedang hingga tinggi.

Karena itu, sejak jauh hari BPBD telah melakukan antisipasi dengan sosialisasi kepada warga agar lebih waspada menghadapi musim hujan.

Beruntung, ketika longsor terjadi pada Rabu (22/1) dini hari, tak ada warga maupun kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Sehingga, bencana itu tak mengakibatkan korban jiwa.

Kendati demikian, Dede menambahkan, di lokasi itu masih berpotensi terjadi longsor susulan. Pasalnya, tanah tebing di sisi jalan itu masih mengalami pergerakan.

“Kalau pun terjadi susulan, semoga tak besar yang sudah-sudah. Mudah-mudahan juga hari ini masyarakat sudah bisa kembali beraktivitas dengan normal,” harapnya.

Setelah material longsoran dikeruk menggunakan ekskavator, petugas akan menyemprotkan air dengan mobil damkar kw jalan itu. Tujuannya, setelah itu pengendara yang melewati Jalan Cikeusal-Warung Legok tak terpeleset.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.