Matsama Dikemas Seru dan Inovatif

39
TALK SHOW. Kepala MTs Jidris Assalam Tasikmalaya Makin Kamaludin SPdI MSi (kiri) usai Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Selasa (9/7). Fakhtur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Jidris Assalam Tasikmalaya akan menggelar masa taaruf siswa madrasah (Matsama) Senin-Sabtu (15-20/7). Matsama digelar untuk menyambut siswa baru tahun pelajaran 2019/2020.

Kepala MTs Jidris Assalam Tasikmalaya Makin Kamaludin SPdI MSi menyatakan kegiatan Matsama merupakan program penting yang digelar setiap awal tahun ajaran baru. Melalui program ini, siswa baru diajak mengenal lingkungan sekolah termasuk kegiatan rutin madrasah, fasilitas, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran serta pengenalan civitas madrasah.

Lanjutnya, Matsama diisi dengan kegiatan edukatif, menyenangkan dan tetap menaati peraturan dan norma yang berlaku di madrasah.

“Matsama melatih disiplinan, ketahanan mental serta mempererat tali persaudaraan,” ujarnya saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Selasa (9/7). Siswa baru juga akan dikenalkan dengan slogan MTs Jidris yakni Jidas (Jidris cerdas dan berakhlak).

Wakil Kepala MTsN 3 Tasikmalaya Bidang Kesiswaan Asep Rahmat SPd menjelaskan pentingnya pengenalan Matsama untuk peserta didik baru agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Diharapkan siswa baru betah di sekolah dan semangat belajarnya terdongkrak.

Menurut dia, dalam kegiatan Matsama harus ada inovasi dan sosialisasi yang menarik tapi tetap edukatif. Makanya pada Matsama nanti, MTs Jidris akan mendatangkan pemateri dari luar mulai dari pemerintah daerah, puskesmas serta kepolisian.

Dengan begitu, Matsama ini lebih menarik dan menyenangkan dengan adanya berbagai lomba seperti lomba kaulinan Sunda egrang dan bakiak.

“Siswa juga akan diberikan wawasan mengenai pentingnya perilaku hidup sehat dan bersih serta menjaga ketertiban berlalu lintas. Pemaparan materi akan diselingi game,” ujar dia. Melalui Matsama ini diharapkan bisa mencetak siswa yang akhlak dan berkarakter. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.