Mayasari Siapkan Cabup Tasik

5769
H AMir Mahpud

TASIK – Menghadapi konstalasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tasikmalaya September 2020. Keluarga Mayasari tengah menyiapkan kandidat yang akan diusung maju sebagai bakal calon Bupati Tasikmalaya.

Setelah sebelumnya sukses mengantarkan dua putra mahkotanya Husein Fadlulloh, Viman Alfarizi Ramadhan dan Deden Galih menjadi wakil rakyat di DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat. Kini keluarga Mayasari yang dimotori H Amir Mahpud SE sudah mempersiapkan kandidat bakal calon Bupati Tasikmalaya di Pilkada Tasik 2020.

“Kita sudah persiapkan kandidat (untuk bertarung di Pilkada Tasik, Red). Namun belum bisa kita sebutkan, masih digodok,” ujar perwakilan keluarga Mayasari H Amir Mahpud kepada Radar, Selasa (11/6).

Menurutnya, kandidat yang tengah dipersiapkan tersebut masih dalam tahap penggodokan keluarga Mayasari. Karena pihaknya ingin mengusung kandidat yang berkualitas dan mumpuni. ”Bisa dari partai politik atau luar parpol,” tuturnya.

H Amir menjelaskan akan hadirnya kandidat yang diusung keluarga Mayasari di Pilkada Tasik sebagai respons banyaknya dorongan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang menginginkan dukungan keluarga Mayasari. “Nanti kalau sudah waktunya, akan kita umumkan ke publik. Siapa kandidat yang diusung Mayasari,” terang Presiden Direktur PT Primajasa itu.

Ketika ditanya apakah kandidat yang dipersiapkan tersebut salah satunya Husein Fadlulloh atau Viman Alfarizi Ramadhan? H Amir enggan menjawabnya. ”Tergantung situasi politiknya seperti apa, namun yang pasti Husen dan Viman akan fokus menjaga amanah sebagai wakil rakyat,” paparnya.

Kiprah keluarga Mayasari di dunia politik khususnya di Tasikmalaya memang bukan hal baru. Apalagi perusahaan Mayasari Group memiliki ribuan pekerja.

Dari catatan Radar, sejak tahun 2007 keluarga Mayasari selalu terlibat aktif dalam event politik khususnya di pemilihan kepala daerah. Seperti di Pilkada Kota Tasik tahun 2007 keluarga Mayasari mengusung pasangan H Budi Budiman dan H Wahyu Sumawidjaya, Pilkada 2012 mengusung pasangan H Budi Budiman dan H Dede Sudrajat, Pilkada 2017 mengusung H Dede Sudrajat dan dr Asep Hidayat serta terakhir di Pileg 2019 mengusung Husein Fadlulloh atau Viman Alfarizi Ramadhan.

ALOKASIKAN ANGGARAN

Sebelumnya, KPU Kabupaten Tasikmalaya meminta pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana Pilkada 2020 di anggaran perubahan tahun ini. Karena, Januari tahun depan sudah memasuki tahapan pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengatakan Januari 2020 merupakan tahapan awal Pilkada dengan rekrutmen Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dalam tahapan tersebut jelas dibutuhkan anggaran untuk rekrutmen dan honor. “Sebenarnya sekarang juga sudah masuk tahapan pilkada, mulai dari penganggaran dan persiapan. Tapi, itu tidak membutuhkan anggaran,” ujarnya kepada Radar, Selasa (28/5).

Namun, tambah Zamzam, KPU akan sangat membutuhkan anggaran dalam pelaksanaan Pilkada 2020 pada Januari-Februari. Di mana perlu ada anggaran untuk honor bagi para PPK dan PPS. “Diharapkan pada anggaran perubahan 2019 sudah bisa dianggarkan. Karena kalau di APBD murni 2020 belum tentu ada anggarannya Januari-Februari, biasanya lewat awal tahun bisa Maret cairnya,” terangnya. (kim)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.