Media Massa Menguatkan Bahasa Indonesia

161
BERSINERGI. Tim Balai Bahasa Jawa Barat berfoto bersama perwakilan Radar Tasikmalaya usai diskusi penguatan bahasa, Rabu (11/4).

SL TOBING – Balai Bahasa Jawa Barat melakukan kunjungan kerja (kungker) ke Graha Pena Radar Tasikmalaya di Jalan SL Tobing No 99, Rabu (11/4). Dalam kungker ini, mereka mendiskusikan mengenai peran-peran media massa dalam penguatan Bahasa Indonesia.
Kungker itu dipimpin oleh Ardianto Bahtiar bersama ketiga timnya Mamad Ahmad, Lailatul Munawarah dan Devyami Asmalasari. Mereka diterima oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Tasikmalaya Usep Saeffuloh dan Sekretaris Redaksi (Sekred) Tina Agustina.
Ardianto mengatakan media massa memiliki pengaruh dan peran besar bagi lingkungan masyarakat. Terutama untuk masyarakat awam yang tidak berpendidikan tinggi. Maka, media harus terus memperbaiki penulisan dan penggunaan bahasa.
“Kami adalah salah satu unit pelaksana teknis kementerian pendidikan dan kebudayaan memiliki tugas mengawal dan mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,” terang dia kepada Radar.
Dia menjelaskan dalam UU itu disebutkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa negara yang wajib digunakan sebagai bahasa pengantar. Radar Tasikmalaya Group sebagai salah satu komponen bangsa yang memproduksi bahasa memiliki potensi pembinaan Bahasa Indonesia kepada masyarakat. “Karena sesungguhnya koran-koran lokal itu adalah mitra balai bahasa di Jabar dan balai bahasa di seluruh Indonesia. Termasuk melegalkan kosakata,” jelas dia.
Andianto memaparkan Radar Tasikmalaya terpilih sebagai salah satu koran lokal dari enam daerah sasaran untuk menyebarluaskan penggunaan bahasa. Apalagi, hasil penggalian informasi di lapangan, Radar ini menjadi koran utama pilihan masyarkat di wilayah Priangan Timur. “Saya sangat berharap melalui kegiatan ini insan media massa di Jawa Barat dapat berkontribusi dalam pengutamaan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan tepat,” paparnya. (mg2)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.