Melaju ke Aksioma Jabar

214
SIAP BERTANDING. Kepala MI Manarul Huda Tasikmalaya Dra Dedeh Rosidah (kiri) berfoto bersama tim futsal yang akan bertanding di Aksioma Tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin (11/2).

TASIK – MI Manarul Huda Tasikmalaya akan mewakili Kota Tasikmalaya pada Aksioma Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bekasi 18-20 Februari 2019. Sekolah yang beralamat di Kecamatan Tamansari ini akan bertanding di cabang olahraga futsal dan atletik putri.

Kepala MI Manarul Huda Tasikmalaya Dra Dedeh Rosidah menuturkan sekolahnya maju ke level provinsi setelah mendapat gelar juara 1 futsal dan juara 1 atletik putri pada Aksioma MI Tingkat Kota Tasikmalaya. Prestasi tersebut menjadi kebanggaan bagi sekolahnya dan menjadi motivasi bagi siswa.

“Prestasi ini diraih karena persiapan yang matang dan semangat yang tinggi dari anak-anak untuk menampilkan performa terbaiknya,” tutur Dedeh saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV, Senin (11/2).

Ia mengatakan, tahun sebelumnya MI Manarul Huda juga mendapat prestasi yang sama, namun tidak sampai menjadi perwakilan ke provinsi. Makanya, kata ia, untuk persiapan menuju ke provinsi dia bersama pelatih dan pembina sudah melakukan koordinasi terkait latihan.

“Bagi siswa yang berprestasi kami memang memberikan reward khusus disamping adanya penambahan nilai,” katanya. Begitu juga untuk para pelatih, rencananya akan diberikan pendidikan lanjutan agar memiliki lisensi, hal ini untuk meningkatkan profesionalitas pelatih dalam mencetak siswa bertalenta.

Pelatih Futsal dan Atletik MI Manarul Huda Tasikmalaya Ali Husaepi SPdI menuturkan, waktu persiapan untuk lomba ke provinsi sangat mepet yakni hanya satu minggu. Untuk itu Ali beserta rekan pelatih lainnya Hadiyanto SPdI sudah menyiapkan jadwal latihan. “Persiapan fundamental dan mentalnya. Kita juga berusaha menjaga kondisi fisik atau kesehatan anak agar saat bertanding nanti dalam kondisi fit dan konsentrasi,” tutur Ali.

Untuk pertandingan futsal, terang Ali, harus mengusai teknik dasar dan mental. Jika teknik bagus, fisik kuat namun mentalnya kurang akan berpengaruh pada kualitas permainan. Sehingga sangat penting menumbuhkan rasa percaya diri.

“Untuk futsal memang sangat menantang sekali, karena tim ini kita bentuk dari nol. Tantangannya banyak mulai dari kurang lengkapnya kebutuhan futsal, karakter anak yang berbeda-beda dan kejenuhan anak saat berlatih. Oleh sebab itu saat latihan selalu diselingi dengan games,” ujarnya. Begitu juga dengan atletik, tambahnya, olahraga ini tidak hanya sekedar lari, tapi ada teknik khusus, yang paling dasar yakni running ABC.

Panitia Aksioma Tingkat Kota Tasikmalaya Nanang Abdul Ropik mengatakan pemberangkatan kontingen Kota Tasikmalaya akan dilepas di kantor Kemenag oleh Kepala Kantor Kemenag. Kontingen meliputi semua jenjang mulai dari MI, MTs dan MA. “Untuk tingkat MI Kota Tasikmalaya mengirimkan 22 siswa yang akan bertanding di 8 mata lomba,” tutur Nanang.

Lanjutnya, tahun ini Kota Tasikmalaya menargetkan untuk juara umum Aksioma Tingkat Jawa Barat. “Pesan kami yang paling utama adalah kondisi fisik anak yang harus fit, ini penting agar ketika pelaksanaan bisa optimal dan target juara bisa tercapai,” ujarnya. (ais)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.