Melapor Dugaan Pelanggaran Pemilu ke Bawaslu Harus Bawa Barang Bukti

63
0
JELASKAN.Krodiv Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat Lolly Suhenty meminta unsur media terlibat aktif memantau jalannya pemungutan suara pada 17 April 2019. (Deni Nurdiansah/ radartasikmalaya.com)
Loading...

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran mengajak seluruh unsur media ikut memantau jalannya pemilu hingga pemungutan suarapada 17 April 2019.

Krodiv Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat Lolly Suhenty mengatakan unsur media merupakan kelompok penting untuk dilibatkan secara aktif di Pemilu 2019.

”Kami mengajak seluruh Bawaslu di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat bersinergi dengan unsur media,” ucapnya kepada Radar, Sabtu (31/3).

Menurutnya, media memiliki akses informasi yang luas hingga ke pelosok daerah dan menyasar siapapun. ”Untuk Bawaslu, informasi apapun dari rekan media sangatlah penting, terutama jika ada dugaan pelanggaran peserta pemilu,” terangnya.

Lanjut dia, informasi duga­an pelang­garan yang sering dite­mu­kan di media kebanyakan ada­lah kampanye di luar jadwal. ”Kalau sampai saat ini ma­sih patuh kepada regulasi yang dikeluarkan oleh KPU,” ucapnya.

Loading...

Keterlibatan anak dalam pelaksanaan kampanye juga menjadi sorotan akhir-akhir ini, seringkali banyak yang mengabaikan larangan tersebut. ”Dalam rapat umum seperti sekarang ini, anak-anak sering dilibatkan,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan masyarakat yang menemukan indikasi pelanggaran pemilu diharapkan segera melaporkan ke Bawaslu.

“Tinggal langsung datangi kantor Panwascam atau Bawaslu. Kemudian mengisi formulir serta membawa barang bukti awal, baik berupa video atau foto, nantinya kita langsung kaji apakah masuk pelanggaran atau tidak,” ujarnya.

Jika unsur pasalnya terpenuhi, maka akan ditindaklanjuti ke penyidikan oleh Sentra Gakumdu. ”Tenang untuk identitas pelapor akan dilindungi,” katanya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.