Melatih Anak Gemar Bersedekah

12
0
SANTUNAN. Kepala SDN 1 Setiamulya Maman Suryaman SPd mengusap kepala salah satu siswa dalam kegiatan santunan Selasa (10/9). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Setiamulya menyantuni anak yatim-piatu Selasa (10/9). Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 10 Muharam dan penguatan pendidikan karakter (PPK) siswa.

Kepala SDN 1 Setiamulya Maman Suryaman SPd mengatakan, santunan tersebut diberikan kepada 26 anak yatim-piatu. Bantuan sosial ini berasal dari siswa, guru dan tokoh masyarakat.

Kegiatan sosial ini, sambungnya, sebagai upaya mengajarkan siswa untuk ikut berempati terhadap sesama, terlebih terhadap saudara-saudaranya yang kurang mampu.

“Inti dari santunan anak yatim atau piatu adalah berbagi dan peduli pada orang lain,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan bersedekah rutin digelar oleh SDN 1 Setiamulya. Selain momen 10 Muharam, ada juga program Tasik Bersedekah.

Melalui kegiatan ini siswa mengisi kencleng atau kotak amal setiap Jumat. “Sedekah ini sifatnya sukarela, nominalnya berapa saja semampunya, karena itu menyisihkan dari uang saku siswa,” katanya.

Kegiatan sedekah ini, kata ia. Untuk menstimulasi kepedulian sosial dalam diri siswa dan menjadikan mereka manusia yang humanis. “Mendidik anak berjiwa sosial, tolong-menolong dan karakter humanis lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menghayati ajaran agama diharapkan siswa dapat memiliki budi pekerti yang luhur dan menjadi tauladan di lingkungannya.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Tamansari Atang Abdul Mutholib mengapresiasi SDN 1 Setiamulya yang mengisi 10 Muharram dengan santuan anak yatim piatu. “Kegiatan bersedekah ini memang harus dikenalkan sejak dini sehingga kebiasaan ini bisa tertanam sampai mereka dewasa,” katanya.

Siswa Penerima Santunan Nida (9) merasakan bahagia mendapatkan santunan dan bingkisan dari sekolah. “Senang, uangnya akan ditabung dan dipakai untuk keperluan sekolah,” ujarnya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.