Membangun Persatuan sehingga Memunculkan Kebahagiaan

123
0
KOMPAK. Para pimpinan ormas Islam di Kabupaten Tasikmalaya saat bersama Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya KH Ii Abdul Basith, Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi di Masjid Baiturrahman Rabu (25/12). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam Kabupaten Tasikmalaya berkumpul di Masjid Baiturrahman, Kompleks Gedung Bupati Tasikmalaya, Rabu (25/12). Mereka mengadakan pengajian bersama Forum Kerja Sama Ormas Islam dan Silaturahmi Muslimin Kabupaten Tasikmalaya. Tema kegiatannya Membumikan Nilai Islam yang Bersaudara, Rukun dan Damai.

Dalam acara tersebut hadir Ketua MUI Kabupaten Tasik KH Ii Abdul Basith. Dalam kesempatan itu, KH Ii memimpin tablig akbar sebagai pengisi acara. Berikutnya, hadir Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya Drs Dadan Ahmad Sofyan MPd, Ketua PD Persis Kabupaten Tasikmalaya Ustaz Yuyu Wahyu STHI MM, Ketua PD PUI Kabupaten Tasikmalaya H Dedi Zulharman MAg dan Ketua FPI Kabupaten Tasikmalaya KH Muhammad Sofyan Anshori, Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi.

Ketua Panitia Pengajian Bersama Ormas Islam, sekaligus Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd mengatakan tujuan pengajian bersama ini untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah. Termasuk, kata KH Atam, sebagai upaya untuk menyatukan persatuan mencegah pihak-pihak yang mencoba membenturkan antar ormas Islam dengan hoax.

“Karena banyak yang membenturkan dari orang luar untuk memecah ukhuwah Islamiyah dan ormas Islam. Kami ormas Islam beberapa kali mengadakan musyawarah untuk melaksanakan pengajian bersama ini,” ujar KH Atam kepada Radar di Masjid Baiturahman, kemarin.

KH Atam, menambahkan, pengajian bersama ormas Islam ini akan diagendakan satu tahun sekali ke depan. “Kalau pertemuan antara para ketua ormas Islam, tiga bulan sekali kami bertemu. Intinya kita solid bersama dengan semua ormas Islam,” tegas dia.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya KH Ii Abdul Basith berpesan bahwa Islam menganjurkan kepada semua manusia untuk berkomunikasi dengan sesama dan agar tidak menyebarkan kebencian dan permusuhan.

Loading...

“Dalam rangka membumikan ajaran Islam, mari kita bumikan di Kabupaten Tasikmalaya dengan rasa kasih sayang dan saling memaafkan bukan kebencian atau saling tuduh menuduh,” kata KH Ii.

KH Ii mengingatkan kepada semua umat Islam di Kabupaten Tasikmalaya, jangan terbawa perasaan yang mengusik prasangka buruk kepada orang lain. Jangan memperdebatkan soal perbedaan.

“Perbedaan adalah suatu keniscayaan, suatu hal yang pasti harus terjadi yang sudah ditentukan Allah SWT. Perbedaan bisa menjadi keindahan, kerukunan dan persatuan. Dengan perbedaan itu bisa membangun persatuan sehingga memunculkan kebahagiaan dan kebersamaan serta persatuan,” ujar KH Ii.

KH Ii menambahkan, semua ormas mana pun, termasuk individu mana pun harus menjaga dan mampu mengendalikan ucap dan perilaku. Jangan sampai menimbulkan keretakan atau perpecahan.

Kemudian KH Ii juga mengingatkan yang bisa merontokkan kebersamaan dan persatuan adalah ambisi kelompok atau interest pribadi. Jadi pegang teguh agama Allah dan Alquran-hadist.

“Tegakan agama. Jangan terkotak kotak dalam menegakkan agama. Jika ingin berbaik-baik hubungan dengan sesama manusia, maka perbaiki hubungan dulu dengan Allah SWT, orang yang memperbaiki dirinya dengan Allah maka Allah akan memperbaiki hubungan dengan orang lain,” kata KH Ii.

Kemudian, kata KH Ii, harus sadar dengan keterbatasan diri dan memaklumi keterbatasan orang lain. Intinya sadar sebagaimana manusia yang kecil di hadapan Allah. “Jika kita menyadari kemanusiaan dan keterbatasan diri dan memaklumi keterbatasan yang lain maka akan terjadi kebahagiaan,” ujar KH Ii.

Berkaitan dengan Pilkada, KH Ii, mengatakan bahwa MUI lembaga tidak mengusung dan mendukung siapa pun. Adapun secara personal itu mempunyai hak untuk menentukan pilihan. “Tetapi kita insyaallah memberikan standar-standar pimpinan untuk dipilih. Pemimpin itu yang mempunyai iman atau akidah yang baik, Islam atau amaliah yang baik dan Ihsan yang akhlaknya baik,” ungkap KH Ii.

Maka, silahkan pertimbangkan oleh masyarakat. MUI tidak ikut dukung mendukung. Ormas Islam bukan partai, diharapkan untuk menjaga kondusif, ketika mendukung ke perorangan jangan menimbulkan permusuhan.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto berterima kasih kepada semua ormas Islam yang sudah menggelar pengajian bersama untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan persatuan umat Islam.

“Jangan sampai terpecah. Mari kita jaga persatuan dan ukhuwah Islamiyah, menjaga kondusivitas daerah bersama-sama semua unsur elemen masyarakat,” ujarnya berpesan. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.