Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

Membentuk Karakter Islami

181
0

TASIK – Di tahun ajaran baru ini, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Azhar, akan mematangkan program keagamaan untuk menyiapkan diri dalam kegiatan Pesantren Alam Cigombong. Kegiatan Pesantren Alam ini rutin dilaksanakan oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA).

Kepala SMP Al Azhar Tasikmalaya Lilis Komalasari SPdI menuturkan, persiapan untuk mengikuti pesantren alam tersebut yakni mengoptimalkan program Tahfidz Alquran yang dilakukan setiap hari serta muroja’ah rutin setelah Salat Duha.

Persiapan lainnya yakni meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, pidato, tamyiz, seni islami dan lainnya. ”Selama pesantren alam ini siswa dibina menjadi pribadi Islami yang berwawasan. Terlebih di era globalisasi, anak harus dibekali dengan wawasan keagamaan dan ilmu yang mumpuni,” ungkapnya.

Lilis menambahkan, ada tiga program unggulan yang sudah disiapkan sekolahnya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik yakni kurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler.

”Untuk program kurikuler atau akademik kita menggunakan kurikulum 2013 yang sebelumnya hanya diterapkan di kelas VII. Tahun ini, diterapkan juga di kelas VIII. adapun kelas IX masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),”

terang Lilis kepada Radar, Minggu (8/7). Disamping itu, SMP Al Azhar juga akan terus meningkatkan progrm khusus yakni pendidikan Alquran dan Bahasa Arab.

Untuk program ekstrakurikuler, sambungnya, ada tiga program yang wajib diikuti semua siswa yakni Tahfidz Alquran dengan target 1 hingga 3 juz, Bahasa Inggris dan TIK serta Pramuka. Di tahun ajaran baru ini Lilis merencanakan akan menambah

ekstrakurikuler panah serta pengembangan seni musik dan vokal.
”Semua program yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya pembentukan karakter dan penyaluran bakat peserta didik,” tuturnya. Pembentukan karakter ini juga dilatih melalui

program kokurikuler seperti field trip per-triwulan, malam bina iman dan takwa serta program pesantren alam. Lilis berharap dengan berbagai program yang disiapkan, akan melahirkan lulusan yang berkepribadian Islami secara kaffah dan mandiri. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.