Membentuk Siswa Berkarakter Baik

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Membentuk siswa yang sukses dan berakhlak karimah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sukamaju Indihiang Kota Tasikmalaya akan fokus pada pengembangan dan penguatan pendidikan karakter atau akhlak.

Kepala SDN 1 Sukamaju Tasikmalaya H Yeti Nurhayati SAg menu­tur­kan, latar belakang pengembangan program tersebut adalah berangkat dari rasa khawatir melihat pergaulan anak saat ini. Sehingga sangat penting dibentuk sejak kecil dengan akhlak yang baik.

“Jadi dari kecil kita beri pemahaman dan biasakan akhlak yang baik, mulai dari ibadah yang rajin tanpa harus disuruh, rajin ngaji Alquran, sopan terhadap orang tua, guru dan juga orang yang lebih tua darinya. Diajarkan juga berkata yang baik dan senantiasa senang menolong,” terang Yeti kepada Radar, Kamis (12/7).

Selama ini, tutur Yeti, peserta didiknya rutin melak­sanakan Salat Duha sebelum belajar yang dilanjut dengan menyimak tausiyah dari guru agama. Hal ini menjadi bagian dari upaya menanam­kan pendi­dikan agama kepada siswa.

“Jika dibiasakan semoga menjadi karakter, mungkin di sekolah ada yang merasa terpaksa ikut pembinaan tapi lama-lama akan terbiasa. Insya Allah tahun ini kita akan tambah lagi program pembinaan akhlaknya, di samping meningkatkan kualitas pembelajaran,” ungkapnya.

Pendidikan karakter ini, sambung ia, dimulai dari guru sebagai teladan. Guru harus memberikan contoh yang baik kepada peserta didik dengan kebiasaan yang baik. Kemudian, lingkungan sekolah juga harus bersih dan nyaman, sehingga peserta didik juga terjaga kesehatannya. (ais)

loading...