Membuat Selebaran untuk Cari Sensasi

34
0
EKSPOSE. Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menerangkan terkait kasus makar dan penistaan agama Selasa (18/6). Yana Taryana / Rakyat Garut

KARANGPAWITAN – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut menetapkan Ham (48), pengikut Sensen Komara sebagai tersangka kasus penistaan agama dan makar. Warga Kecamatan Caringin itu dijebloskan ke ruang tahanan Polres Garut karena telah membuat selebaran terkait pengakuan bahwa Sensen Komara merupakan Presiden Pusat Republik Indonesia, Imam Negara Islam Indonesia (NII) dan Rasul Allah.

“Tersangka ini dengan sengaja menyebar selebaran itu, sehingga meresahkan masyarakat,” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat press rilis di Mapolres Garut Selasa (18/6).

Menurut dia, aksi pelaku dalam membuat keresahan bukan dilakukan tahun ini saja. Tahun 2018 juga bahkan melakukan hal sama. “Pada tahun 2018 tersangka ini membuat heboh warga karena mengakui Sensen ini rasul. Tetapi dia hanya dilakukan wajib lapor selama dua minggu sekali,” katanya.

Tapi saat ini pihaknya akan memproses aksi tersangka karena adanya laporan masyarakat dan pelaku sekarang melakukan perbuatan maker, yakni mendeklarasikan Sensen Komara sebagai Presiden RI. “Tersangka ini mengaku sudah diangkat sebagai Menteri Perindustrian oleh Sensen. Jadi membuat selebaran itu,” terangnya.

Budi menerangkan terkait motif yang dilakukan pelaku karena ingin mencari sensasi dan ingin diakui warga di Garut bagian selatan. “Motif hanya itu, cari sensasi saja dan ingin ada pengakuan,” katanya. Kata Budi, tidak ada tersangka lain dalam kasus tersebut.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 156a tentang Penistaan Agama. Tetapi karena dilakukan berulang-ulang kali maka dikenakan pasal 64 tentang Makar dengan ancaman 5 tahun penjara lebih.

Sementara itu, Ham mengaku masih beragama Islam, bukan Islam yang dibawa Sensen. Dirinya juga menyadari bahwa selebaran tersebut merupakan inisiatifnya. “Iya itu buatan saya, yang disuruh anak saya buat nulisnya,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.