BARCELONA vs MAN. UNITED

Memori Comeback

7

BARCELONA – Kekalahan 0-1 dari Barcelona di leg pertama babak perempat final Liga Champions di Old Trafford bukanlah kiamat bagi Manchester United. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu masih yakin mampu comeback saat mereka melawat ke markas Bar­celona di Camp Nou, Rabu (17/4) dinihari sekitar 02.00 WIB.

Di leg pertama, Barcelona me­mang menang 1-0 lewat gol bun­uh diri Luke Shaw menit 12. Shaw sendiri terkena akumulasi kartu kuning dan harus absen dalam duel penentuan di markas Barcelona.

Hasil itu membuat Barcelona diuntungkan. Hasil seri cukup bagi Lionel Messi dan kawan-kawan lolos ke babak semifinal.

“Kami belum menyerah, kami harus mengejar peluang yang kami miliki meski cukup berat,” kata pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer di Daily Mail.

Bermain di Camp Nou, jelas Barcelona lebih diunggulkan. Namun demikian, Setan Merah-julukan Manchester United tidak akan menyerah begitu saja. Aksi comeback melawan PSG di babak sebelumnya menjadi salah satu sumber motivasi Paul Pogba dan kawan-kawan.

Apalagi, mereka datang ke Camp Nou juga dengan rasa kepercayaan yang tinggi. United baru saja menggasak West Ham dengan skor 2-1 di kompetisi domestik lewat sepasang gol penalti Paul Pogba.

Barcelona sendiri wajib waspada dengan semangat juang pasukan merah. Ingat, Solskjaer punya pengalaman manis dengan aksi comeback di Camp Nou. Saat dia mencetak gol penentu kemenangan United atas Bayern Munchen dalam partai final 20 tahun silam. Dia pasti berharap bisa mengulanginya, dan kali ini dari pinggir lapangan.

“Ini laga yang sangat menentukan nasib kami di kompetisi ini. Kami sudah sangat siap menghadapi mereka,” kata pelatih Barcelona Ernesto Valverde kepada Marca.

Kemungkinan besar, menghadapi Barcelona dinihari nanti, Solskjaer akan menggunakan skema yang sama seperti ketika mengebuk PSG di Paris. Waktu itu, Jesse Lingard dipasang sebagai false nine di belakang Romelu Lukaku dan Marcus Rashford. Racikan Solskjaer itu hasilnya sungguh sangat fantastis.

Namun yang perlu digarisbawahi, PSG bukanlah Barcelona. Dua tim ini sangatlah berbeda, terutama dari segi kualitas pemain. Mereka memang memiliki segudang pemain hebat dengan dukungan penonton yang sangat luar biasa. “Namun kami akan melakukannya,” koar Solskjaer.

Apalagi, kondisi Barcelona sedang kurang bagus. Di liga akhir pekan lalu, Barcelona gagal menang melawan Huesca. Tanpa Lionel Messi, Philippe Coutinho, Nelson Semedo, Clement Lenglet, Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba hingga Luis Suarez, Barcelona gagal menciptakan gol dan ditahan imbang dengan skor kacamata.

Dalam duel kali ini, Valverde berharap banyak dengan kedigdayaan Messi. Di leg pertama, pemain Argentina itu sempat berdarah-darah karena benturan dengan pemain United. Saat itu, Barcelona tampil di bawah standar terbaiknya. United sukses meredam kecepatan Messi. Namun Barcelona tetap mampu pulang membawa kemenangan. (wsa/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.