Menajamkan Pengawasan Pemilu

83
0
RAKOR. Bawaslu Kabupaten Ciamis dan Bawaslu Provinsi Jabar mengadakan rapat koordinasi di favehotel Tasikmalaya, Jumat (29/3). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis makin menajamkan pengawasannya terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal 19 hari lagi. Pada Kamis dan Jumat (28-29/3), Bawaslu pun mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Pengawasan Partisipatif dan Akreditasi Pemantau Pemilu 2019 di Aula favehotel Tasikmalaya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan melalui Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Fahmi Fajar Mustopa SPdI menerangkan, kegiatan tersebut sebagai bagian dari amanat UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan Bawaslu No 4 Tahun 2018 tentang Pemantauan Pemilu. “Kami ingin pemantau khususnya yang di lokal untuk berpartisipasi aktif dalam prosesnya nanti di pemantauan di pemilihan umum,” kata Fahmi.

Menurut dia, pada pertemuan itu hadir pula para pemantau yang sudah diregistrasi oleh Bawaslu RI, perwakilan lembaga swadaya masyarkaat (LSM) dan undangan lainnya. Para undangan itu bisa mengajukan diri menjadi pemantau resmi dengan syarat-syarat tertentu.

Para pemantau dalam menjalankan tugasnya akan dilindungi oleh hukum. Mereka harus mengamati dan mengumpulkan informasi pemilu di lapangan lalu melaporkannya ke Bawaslu. Bawaslu akan mengkaji laporannya, baik itu berkaitan dengan pelanggaran administratif, etik dan lain-lain. Laporan dari pemantau akan ditindaklanjuti walaupun hanya sekadar informasi awal, belum disertai bukti-bukti.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat Lolly Suhenty SSos mendorong siapa pun yang punya potensi menjadi pemantau pemilu untuk segera mendaftarkan diri. Bawaslu masih membuka pendaftaran pemantau hingga tujuh hari sebelum hari H pemilu. “Kalau sifatnya adalah kelembagaan, maka dia bisa mendaftarkan sebagai pemantau pemilu, tapi kalau individu dia bisa menjadi relawan untuk pengawasan dalam konteks pengawasan partisipatif,” ucapnya

Loading...

“Semakin banyak orang mendaftar sebagai pemantau pemilu, maka semakin baik, juga semakin kuat pengawasan kita,” ujar dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.