Menaker Bagikan JPS Rp39 Juta per Kelompok Masyarakat di Kota Tasik

906
2

KOTA TASIK – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meluncurkan sekaligus menyerahkan 1.000 program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi kelompok masyarakat 6 Provinsi terpilih secara daring di Hotel Santika Kota Tasik, Sabtu (03/10).

Bantuan itu diberikan bagi 1.000 kelompok masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 dan masing-masing kelompok mendapatkan sekitar Rp39 juta.

“Program JPS ini dikhususkan bagi masyarakat yang membuat kelompok untuk berwirausaha akibat terdampak jadi pengangguran atau hampir menjadi pengangguran akibat Covid-19,” ujar Menaker, Ida Fauziah saat peluncuran secara daring.

Terang dia, peluncuran Program Bantuan JPS Covid-19 Tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan kesempatan kerja juga berperan aktif dalam penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

Melalui ide-ide yang kreatif dan inovasi, Ida meyakini akan semakin banyak para penganggur dan korban PHK akibat Covid-19 yang beralih menjadi wirausahawan baru.

Salah satunya dengan bantuan platform wirausaha online atau startup business walaupun pada masa social Distancing.

“Hasil karya para wirausaha baru diharapkan dapat berkembang pesat dan berhasil menjadi bersaing di pasar bebas. Melalui jiwa wirausaha ini, mereka diharapkan bisa berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia, namun juga membuka peluang kesempatan kerja bagi orang lain di lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Pemberian bantuan kepada 1.000 kelompok masyarakat yang terdampak Covid 19 melalui kegiatan padat karya dan penciptaan wirausaha ini, dihadiri oleh 50 peserta secara offline dan 950 peserta secara online.

Keenam provinsi yang mendapatkan bantuan hari ini, lanjut Ida, terdiri dari Provinsi Banten sebanyak 61 kelompok masyarakat.

Provinsi Jawa Barat 304 Kelompok masyarakat, Provinsi Jawa Tengah 250 kelompok masyarakat, Provinsi Jawa Timur 328 kelompok masyarakat.

Sedangkan Provinsi Lampung 37 kelompok masyarakat, dan Yogyakarta 20 kelompok masyarakat.

“Di Tasikmalaya juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Menaker dengan perwakilan kelompok masyarakat penerima JPS,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tasik, Ivan Dicksan, mengaku sangat mengapresiasi pemberian bantuan kelompok wirausaha baru akibat terdampak pandemi yang dilaksanakan di Kota Tasik.

Program ini pun diyakini akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup masyarakat Kota Tasik khususnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.