INDONESIA U-23 vs SINGAPURA U-23

Menang, Tiket Semifinal di Tangan

17
0
LATIHAN. Pelatih Indra Sjafri memimpin latihan Timnas U-23. Hari ini (28/11), mereka akan bertanding melawan Singapura U-23 pada ajang SEA Games 2019. Faisal R Syam / FIN

MANILA – Timnas Indonesia U-23 mengincar kemenangan kedua babak penyisihan Grup B SEA Games 2019 saat melawan Singapura di di Stadion Rizal Memorial, Manila, nanti malam (Live RCTI/TVRI pukul 19.00).

Hasil positif di matchday kedua ini akan membuka peluang Garuda Muda untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Pada pertandingan pertama, Indonesia sukses mencukur Thailand dua gol tanpa balas. Laga kedua menghadapi Singapura, menjadi momentum Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menjaga tren kemenangan.

Juru taktik Indonesia U-23 Indra Sjafri mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan tim terbaik dalam laga nanti. ”Menang melawan Singapura nilainya sama dan bahkan lebih penting dibanding laga pertama melawan Thailand.

Untuk mengamankan tiket ke semifinal, kita harus menjaga tren kemenangan. Karena itu, pemain harus cepat siap dan fokus ke pertandingan ini,” katanya, kemarin.

Pelatih berusia 56 tahun itu menuturkan menjaga tren kemenangan dalam laga menghadapi Singapura itu sangat penting. Apalagi peta persaingan di grup B cukup ketat. Vietnam menjadi juara grup usai mencukur Brunei Darussalam 6-0 dan Singapura lawan Laos bermain imbang 1-1. “Kami akan berusaha menyiapkan tim terbaik. Kami ingin pemain bisa memaksimalkan kemampuan yang dimiliki,” tambahnya.

Kemarin sore, Indra dan skuatnya menggelar internal game dalam sesi latihan tersebut, Indra tak banyak materi latihan berat. Evan Dimas dan kawan-kawan lebih banyak melakukan pemanasan memulihkan kondisi kebugaran dan stamina.

Lebih lanjut, Indra menambahkan Indonesia dipastikan bakal tampil dengan kekuatan penuh. Pelatih berdarah Minang itu bersyukur tidak ada pemain yang cedera serius. Kondisi Egy Maulana Vikri yang sempat diganti menjelang babak saat menghadapi Thailand akibat terkena sikut lawan dan sempat mengeluh kesakitan, saat ini dalam kondisi baik.

“Egy kemaren saya ganti jelang babak kedua karena kena sikut dan agak mengeluh sakit. Alhamdulillah sekarang sudah pulih dan siap tampil lagi. Demikian juga dengan yang lain,” tuntas Indra.

Hal senada diungkapkan punggawa Indonesia U-23, Osvaldo Haay. Pria kelahiran Jayapura, 21 tahun silam itu mengaku sangat antusias dalam laga melawan Singapura. Pemain depan yang mencetak gol ke gawang Thailand itu juga bertekad untuk kembali mencatatkan namanya di papan skor jika dikasih kesempatan bermain dalam laga tersebut.

“Tentu kami senang bisa menang atas Thailand. Tapi, tak perlu lama bergembira karena kita akan bermain lagi dan harus menang,” ujar striker Persebaya Surabaya tersebut.

Di ajang SEA Games, Indonesia bukanlah lawan yang mudah bagi Young Lions-sebutan Singapura. Garuda Muda memiliki rekor yang ciamik saat berhadapan Singapura di pentas olahraga dwitahunan tersebut. Indonesia tak pernah terkalahkan sejak SEA Games 1997.

Sulitnya membongkar kesolidan Indonesia diakui pelatih Singapura U-23, Fandi Ahmad. Ia mengaku kehadiran Indonesia di Grup B membuat ambisi Young Lions merebut emas cukup berat.

“Ini pertandingan yang ingin kami menangi supaya memudahkan dalam perjalanan kami berikutnya untuk lolos. Dan ini memang sebuah grup yang berat,” tutur Fandi. (gie/fin/tgr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.