Menangkan Pasar dengan Diferensiasi Produk

180
0
Gita Rismawati

TASIK – Menjamurnya startup membuat usaha industri kreatif semakin kompetitif. Bahkan, banyak startup yang memiliki usaha sejenis misalnya hijab. Lalu, bagaimana cara agar produk bisa memiliki daya saing di tengah persaingan produk sejenis?

Owner Sheika Hijab Gita Rismawati mengatakan, salah satu cara untuk bisa meraih pangsa pasar dengan menerapkan konsep diferensiasi produk.

“Pelaku industri kreatif perlu menciptakan produk yang memiliki perbedaan dan keunikan,” ujar Gita yang juga Komite Muslimah Preneur.

Gita menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi fokus perhatian dalam diferensiasi produk. Pertama, perlu mengidentifikasi dan menetapkan apa yang menjadi pembeda produk yang dijual. Kedua, perbedaan yang ditetapkan harus mempunyai nilai tambah (value) bagi pembeli. “Ketiga, perbedaan tersebut harus mencolok agar pembeli mudah serta tertuju perhatiannya ketika membedakan produk kita dengan pesaing,” ujarnya.

Gita mengatakan, konsep diferensiasi produk inilah yang ia terapkan pada usahanya. Di tengah menjamurnya usaha hijab, Sheika Hijab hadir sebagai hijab peralihan.

“Hijab peralihan itu merupakan hijab transisi dari hijab casual ke hijab syar’i. Sheika Hijab ini ada di pertengahan antara casual dan syar’i,” jelasnya.

Pangsa pasar Sheika Hijab ini jelas yakni muslimah yang sedang mengalami transisi dari hijab casual ke hijab syar’i. Produk hijab Sheika ini didominasi warna soft sehingga lebih feminin dan model yang ditawarkan pun fashionable.

“Dengan diferensiasi produk ini, target market lebih jelas dan konsumen mudah me­ngenal produk kita,” ujar­nya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.