Menanti Aksi Rookie

15
0
Moise Kean

LONDON – Kick-off Premier League akan berlangsung akhir pekan ini. Salah satu yang paling ditunggu pencinta bola dunia adalah debut para rookie alias pendatang baru di liga terbaik dunia ini.

Ada setidaknya 10 rookie yang membuat pencinta Liga Inggris penasaran menantikan bergulirnya Premier League. Pendatang baru berusia muda itu adalah Moise Kean, Wesley Moraes, Nicolas Pepe, Christian Pulisic, Tanguy Ndombele, Daniel James, Sebastian Haller, Allan Saint-Maximin, Daniel James dan Patrick Cutrone.

Pulisic menjadi nama terdepan yang mungkin sangat ditunggu aksi-aksinya. Dibeli Rp 1 triliun dari Borussia Dortmund, winger asal Amerika Serikat itu diharapkan akan menjadi pengganti Eden Hazard yang hengkang ke Real Madrid, musim panas ini.

Sepanjang pramusim 2019/2020, pemain berusia 20 tahun itu sudah menunjukkan kemampuannya sebagai salah satu predator. Pada laga debutnya menghadapi RB Salzburg, pemain termahal AS itu mencetak dua gol dan mengkreasi penalti Ross Barkley.

Pertunjukan awalnya tentu saja tidak mengejutkan bagi pencinta bola yang mengikuti sepak terjangnya sejak di Bundesliga. Pada usia yang masih sangat muda, ia sudah melakoni 127 laga bersama Die Borussen.

Koleksi golnya juga memperlihatkan bagaimana ia bisa menjadi ancaman bagi gawang Manchester United akhir pekan ini. Musim lalu, meski harus bersaing dengan penyerang Dortmund lainnya dan sempat terganggu cedera, ia masih mampu mencetak tujuh gol.

Memecahkan rekor transfer Arsenal, Nicolas Pepe yang dibeli Rp 1,2 triliun dari Lille adalah sosok pemain yang tak kalah ditunggu aksi-aksinya. Pengagum Lionel Messi itu musim lalu mencetak 23 gol dan membantu Lille finis kedua di Ligue 1 dan lolos ke Liga Champions.

Ketajamannya di Liga Prancis pastinya ingin dilihat lagi di Inggris. Pemain internasional Pantai Gading itu bisa saja langsung melakoni debut di laga pembuka Arsenal kontra Newcastle United.

Membuat keputusan besar dengan meninggalkan Juventus, musim panas ini, aksi bomber 19 tahun, Moise Kean layak menjadi perhatian kala klub barunya, Everton menghadapi Crystal Palace. Dengan harga Rp 500 miliar, penggemar The Toffees sangat berharap Kean memperlihatkan kualitas ekstremnya.

Kean musim lalu menjadi sensasi di Serie A dan Timnas Italia. Bersama Si Nyonya Tua, ia mencetak tujuh gol kendati hanya menjadi penyerang pelapis. Insting pembunuh yang ia tunjukkan memaksa Pelatih Italia, Roberto Mancini memasukkan namanya dalam skuat dimana ia mencetak dua gol dalam tiga pertandingan.

Sang bomber tampaknya sangat percaya diri bisa melanjutkan kehebatannya di Premier League. “Saya harus mengambil tanggung jawab besar. Saya bertemu Marcel (Brands, direktur sepak bola Everton) pertama kali. Saya suka ide-idenya,” tegasnya di The Guardian.

Di posisi gelandang, Rodri menjadi rookie yang paling banyak menyedot rasa penasaran setelah didatangkan Manchester City dari Atletico Madrid dengan banderol sekitar Rp 1,1 triliun. Pemain muda Spanyol itu bahkan sejak awal digadang-gadang menjadi bintang baru Premier League.

“Dia sangat cocok untuk kami. Saya pikir, kebijakan transfer kami beberapa tahun belakangan sangat bagus. Banyak talenta muda yang datang untuk memainkan gaya kami. Saya pikir, itulah yang mereka cari dan dia sangat cocok dengan kami,” puji pemain City, Kevin de Bruyne di Sportskeeda.

Jadi, siapakah debutan Premier League yang akan menjadi bintang baru musim ini? Jawabannya bisa jadi sudah bisa diketahui pada pekan pertama yang akan bergulir, akhir pekan ini.(amr/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.