Beranda Pangandaran Mencari Solusi Lapak Dagang yang Sepi

Mencari Solusi Lapak Dagang yang Sepi

127
BERBAGI
BERSIH. Setelah relokasi pedagang, kawasan Pantai Barat bersih dari bangunan lapak pedagang. Namun, para pedagang mengeluhkan lokasi baru yang sepi.

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata terus berkomitmen mewujudkan Pangandaran menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia. Dia mengakui, pascarelokasi ribuan pedagang pantai, masih banyak menyisa­kan persoalan.

“Memang masih ada masalah. Ter­utama pedagang yang kebagian di lantai atas. Tapi kita tidak akan tinggal diam. Kita terus mencari solusi,” ungkapnya kepada Radar, Jumat (30/3).

Pemkab Pangandaran, terang dia, kerap menerima kritikan dari para pedagang atau pihak lain. “Ada yang menyampaikan secara langsung maupun lewat media sosial. Semuanya men­ja­di bahan pertimbangan kita untuk mengambil lang­kah-langkah yang tepat,” ujarnya.

Jeje memastikan pemkab tetap melangkah dan tidak ingin kembali surut ke belakang. “Visi mewujudkan Pangan­dar­an sebagai kabupaten pariwisata berkelas dunia harus diwujudkan bersama. Kita akan mencari jalan keluar yang terbaik agar relokasi pedagang ini berhasil diimbangi dengan peningkatan perekonomian para pedagang,” tutur dia.

Me­nurutnya, butuh proses untuk membuat tempat re_lo­kasi ramai. “Tidak semudah mem­balikkan telapak tangan. Pasti ada solusi dan ini yang te­rus kita upayakan,” kata dia.

Jeje mencontohkan saat berencana memindahkan 12 pengusaha resto di Pantai Barat ke Kampung Turis, mereka juga memprotes dan menentang kebijakan tersebut.

“Tapi sekarang, setelah ditemu­kan konsep yang bagus dengan nama Kampung Turis, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana luar biasa meningkat. Para pengusaha senang, tem­patnya jadi lebih ramai,” ungkapnya.

Dia yakin penataan pedagang yang dilakukan saat ini juga sudah tepat. “Tinggal bagai­mana para pedagang yang sudah bersedia direlokasi jualan­nya laku. Hingga kebutuhan hidup mereka tercukupi. Saya mengajak semua pihak bersama-sama membangun Pangandaran dari segala aspek, termasuk bidang pariwisata yang menjadi andalan sumber PAD ,” terang dia. (nay)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.