Kirim Anggota Tagana untuk Mengevakuasi dan Mendata

Mencari Warga Ciamis di Palu

8

CIAMIS – Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Anjar Kurniaman (20) diberangkatkan ke Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk mendata dan mengevakuasi warga Ciamis yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Anjar akan bergabung dengan 10 anggota Tagana dari berbagai daerah se-Jawa Barat. Mereka meluncur ke Sulteng hari ini (9/10) dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat.

“Semoga anggota Tagana diberikan keselamatan selama bertugas di Palu,” ungkap Kepala Dinsos Kabupaten Ciamis Hj Yeyet Trisnayati usai membuka rekrutmen Tagana muda dan pelepasan Anjar Kurniaman ke Palu, Senin (8/10).

Adapun tugas selama di Palu dan Donggala, Anjar selain membantu mengevakuasi korban bencana, juga harus mendata ada tidaknya warga Ciamis. Pasalnya, berdasarkan dokumen yang ada, sejak 1975 sampai 1995, banyak warga Ciamis yang transmigrasi ke Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong. Kurang lebih ada sekitar 200 warga dari setiap kecamatan. Kebanyakan mereka bertani. Bahkan sudah ada yang sudah sukses dan menetap di sana. “Semoga semua bisa selamat. Tentunya nantinya akan didata juga oleh Anjar yang pergi ke sana,” terang Yeyet.

Anjar akan bertugas di Sulteng kurang lebih sekitar satu Minggu. Tagana memberangkatkan satu orang sesuai instruksi dari Dinsos Jabar. Anggota yang terpilih itu adalah yang benar-benar mampu menyesuaikan di segala medan, fisiknya kuat dan masih muda. “Semoga anggota kami yang diutus ke sana bisa pulang dengan selamat,” terang Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya di Mako Tagana Jalan Tentara Pelajar.

Turut menanggulangi bencana alam itu sudah menjadi risiko dan tanggung jawab semua anggota Tagana. Maka dari itu, mereka harus siap ditugaskan ke mana saja.

Sementara, Anjar Kurniaman menyatakan bertugas menanggulangi bencana ke Sulteng merupakan pengalaman pertama kalinya. Tugas ini sudah menjadi risiko yang harus dilaksanakan olehnya. “Semoga saya di sana bisa diberikan keselamatan selama bertugas,” jelas relawan asal Dusun Landeuh RT 03 RW 07 Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan yang tengah mengenyam pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Galuh (Unigal) Ciamis ini. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.