Mencetak Generasi Qurani

614
0
Loading...

TASIK – Yayasan Ibadurrohman Tasikmalaya melaksanakan Islamic Parenting Ibadurrohman di Gedung Aisyah Jalan Ir H Juanda No 39 Bungursari Kota Tasikmalaya Selasa (1/5).

Kegiatan itu diikuti sekitar 600 peserta yang terdiri dari orang tua siswa mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK IT) Ibadurrohman, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Ibadurrohman, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Ibadurrohman dan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Ibadurrohman Tasikmalaya dan juga masyarakat.

Ketua pelaksana kegiatan Ayi Neni Nurtarwiyah SPd menuturkan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan Yayasan Ibadurrohman Tasikmalaya.

Tahun ini, tema yang diangkat yakni Mendesain Akhirat untuk Buah Hati dengan Al-Quran. “Jadi sengaja kita ambil tema tersebut. Ini sesuai dengan kekhasan atau program unggulan di Ibadurrohman yang mengutamakan Alquran, karena Alquran merupakan kunci dari segala ilmu, dimana target utama kita ingin anak tidak hanya sukses dunia tapi juga akhirat,” tutur kepala SD IT Ibadurrohman Tasikmalaya ini Rabu (2/5).

Di samping itu, terang dia, Islamic Parenting Ibadurrohman juga bagian dari upaya untuk menyelaraskan pola asuh anak dan pendidikan anak di sekolah dengan orang tua di rumah.

Loading...

“Kita didik anak sesuai fitrahnya, didekatkan dengan Alquran. Tapi juga tidak mengesampingkan seni kebudayaan dan ilmu yang lainnya,” terang Ayi.

Karena itu, tambah Ayi, sebelum seminar ada berbagai penampilan siswa, diantaranya parade tahfiz Alquran, story telling, opera mini, kesenian angklung dan lainnya.

“Selain itu juga ada bazar buku, makanan, pakaian dan lainnya yang melibatkan orang tua siswa. Jadi momen ini juga menjadi momen silaturahmi, menampilkan kreativitas anak dan mencari ilmu,” ujarnya.

Ayi menuturkan Islamic Parenting Ibadurrohman ini dihadiri dan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs H Achdiat Siswandi MP. Adapun seminar diisi oleh Dr KH Amir Faishol Alfath (juri hafiz RCTI), Dr Sarmini MA (Founder Markaz Utrujah dan Penulis Buku best seller “Semangat Khatam Qur’an di Usia Balita”).

“Pendidikan ini dimulai dari orang tua. Kita ingin mencetak generasi qurani yang berakhlak karimah, bertanggung jawab dan juga saleh. Sesuai hadist rasul bahwa doa anak saleh adalah salah satu amalan yang tidak akan terputus bagi kedua orang tuanya,” ungkap Ayi.

Ketua Yayasan Ibadurrohman Tasikmalaya Drs H Dedi Wijaya menuturkan kegiatan itu selalu dinantikan para orang tua murid dalam rangka menyamakan persepsi pola pendidikan di sekolah dan di rumah. Dengan begitu pola pendidikan di Ibadurrohman bisa selaras dengan pola asuh lingkungan rumahnya.

Untuk itu, tambah dia, seminar kali ini lebih menekankan tentang cara menghadapi anak mulai usia dini, balita, baligh ataupun usia SMA dan dewasa dengan metode penerapan Alquran. “Sekarang ini titik tolok ukurnya dari Alquran, bagaimana membangun suasana di lingkungan rumah karena Alquran ini adalah segala-segalanya,” tutur Dedi.

Salah satu pemateri Islamic Parenting Ibadurrohman Dr Sarmini MA memberikan materi tentang bagaimana mendesain secara teknik mendidik buah hati dengan Alquran. “Caranya hanya tinggal bertakwa. Orang tua harus jadi contoh suri tauladan. Mungkin awalnya terpaksa tapi nanti kemudian akan menikmati. Saya berharap kelak mereka ini menjadi orang tua yang hebat, teladan untuk putra-putrinya, karena pendidikan itu dimulai dari keluarga,” terangnya. (ais/mg2)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.