Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

41.9%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.9%

0%

Mencetak Generasi Unggul

15
0
USAI TALK SHOW. Kepala SDN 1 Cikalang Dedeh Rahmawati SPd MPd (kiri) bersama rekan guru Novy Noorwulandari SPd dan Nirwana foto bersama usai Talk Show Bincang Radar di Studio TV Selasa (12/11). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya fokus membentuk siswa yang unggul, berkarakter dan berbudaya lingkungan.

Kepala SDN 1 Cikalang Dedeh Rahmawati SPd MPd mengatakan dalam upaya menciptakan generasi unggul ini sekolah mengembangkan Kurikulum 2013 dan menyesuaikannya dengan kearifan lokal.

“Ciptakan siswa berkarakter sesuai Kurikulum 2013 yang di dalamnya ada penguatan pendidikan karakter (PPK). Dengan begitu sekolah bisa menciptakan generasi unggul yang diharapkan,” kata dia saat Talk Show Bincang Radar di Studio TV Selasa (12/11).

Selain itu, tambah Dedeh, pihaknya juga berupaya menciptakan sekolah sebagai tempat yang asri, nyaman, indah dan rindang. “Masuk sekolah itu layaknya masuk sebuah taman belajar dan anak diharapkan mencintai taman tersebut,” katanya.

Dalam upaya membentuk siswa yang peduli lingkungan, sekolah mempunyai program sekolah berbudaya lingkungan (SBL). Lewat program ini diharapkan siswa dan warga sekolah bertanggung jawab dalam pemeliharaan tanaman dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita mengajak siswa agar memiliki tanggung jawab mengerjakan penjadwalan pemeliharaan tanaman dengan menyiram dan pemupukan yang dilakukan secara rutin,” katanya.

Guru Kelas 5 SDN 1 Cikalang Novy Noorwulandari SPd menjelaskan, sebagai upaya membentuk siswa berkarakter, maka sekolah memfasilitasi siswa dengan ekstrakurikuler. Baik di bidang keagamaan, kesenian, olahraga, literasi dan pramuka.

“Banyak kegiatan untuk menyalurkan minat dan bakatnya siswa seperti pencak silat, seni tari, angklung hingga mengikuti pekan kreativitas siswa,” katanya.

Selain itu, tambahnya, ada juga pembiasaan untuk penguatan karakter yakni membiasakan guru bersalaman dan menyapa siswa setiap harinya. “Jadi menambah suasana lebih akrab dan semangat,” ujarnya.

Guru Kelas 3 SDN 1 Cikalang Nirwana mengharapkan dengan program pendidikan karakter ini bisa mencetak generasi unggul dengan motivasi belajar yang tinggi. “Nantinya ketika dewasa, siswa ini bisa berkiprah dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.