Mendongkrak Ekonomi Pangandaran

290
0
GUNTING PITA. Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat (kanan) bersama Kepala BJB Cabang Pangandaran saat gunting pita Kas Titipan BI Pangandaran kemarin.

PANGANDARAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat membuka Kas Titipan di Bank BJB Cabang Pangandaran kemarin (21/11). Dengan kas ini diharapkan pelayanan perbankan kepada masyarakat Pangandaran dapat lebih maksimal.
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat mengatakan pihaknya ingin memastikan uang layak edar tetap ada di masyarakat. “Sejauh ini banyak keluhan dari para pelaku perbankan mengenai jarak tempuh dari Pangandaran ke Kantor BI Tasikmalaya. Jaraknya sekitar 4 jam. Untuk itu berdasarkan hasil diskusi kita sepakat membuka kas titipan,” ungkapnya kepada Radar.
Dia menerangkan pada dasarnya strategi untuk memenuhi kebutuhan peredaran uang di masyarakat yaitu dengan cara mendorong perbankan ikut berpartisipasi. “Perekonomian di Pangandaran ini cukup bagus. Bahkan pertumbuhan ekonominya mencapai lima persen. Kemudian pariwisatanya juga terus berkembang,” tutur dia.
Pembukaan Kas Titipan BI di Bank BJB dibuka dengan plafon dana sebesar Rp 100 Miliar. “Kita akan evaluasi secara periodik untuk melihat efektivitas penyerapan dan kebutuhan di Pangandaran. Kalau tidak cukup akan kita tambah,” kata dia.
Selain melayani perbankan, kata dia, salah satu tugas lain Kas Titipan BI di BJB Pangandaran yaitu melakukan kas keliling untuk memastikan uang tetap ada di masyarakat.
Ia menambahkan, Kas Keliling BI di Pangandaran merupakan yang pertama di wilayah Tasikmalaya dan yang ketiga di Provinsi Jawa Barat setelah Subang dan Sukabumi. “Untuk di Indonesia ini merupakan gerai yang ke-106, dengan harapan bisa lebih mendekatkan pelayanan,” ungkapnya.
Dia menjelaskan ada lima bank yang sepakat melakukan kerja sama yaitu BJB, Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Woori Saudara.
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyambut baik pembukaan Kas Titipan BI di Pangandaran. “Ini membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat meningkatkan dan secara makro perekonomian berjalan dengan baik,” ungkapnya.
Ia berharap pembukaan kas titipan BI dapat semakin memudahkan pelayanan perbankan di Pangandaran. “Mudah-mudahan ini bisa menekan inflasi dan mendongkrak ekonomi dan mempermudah aspek pelayanan kepada masyarakat,” papar dia.
Peresmian penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Wahyu Hidayat S dan Pimpinan BJB Cabang Pangandaran Dede E Wahyudi. Kemudian dilanjutkan dengan para kepala perwakilan dari Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Woori Saudara.
Turut menyaksikan, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat, Pinwil III BJB Wawan Mulyawan, Kepala OJK Tasikmalaya Asep Ruswandi dan Group Head Cash Centre BJB David Kurniawan. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.