Beranda Ciamis Menengok Kegiatan SNEK 2018, FE Unigal Dorong Lulusan Ciptakan Lapangan Kerja

Menengok Kegiatan SNEK 2018, FE Unigal Dorong Lulusan Ciptakan Lapangan Kerja

134
BERBAGI

Untuk menciptakan generasi muda yang memiliki mental wirausaha, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Galuh Ciamis, yang dimotori Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himman) menyelenggarakan seminar nasional ekonomi kreatif (SNEK) tahun 2018 Sabtu (31/3). Seminar bertema membongkar rahasia sukses menjadi wirausahawan muda itu digelar dua hari ke belakang di Auditorium Unigal.

 

IMAN S RAHMAN/Ciamis

 

PERJUANGAN mahasiswa Unigal yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himman) memotori seminar nasional ekonomi kreatif (Snek) tahun 2018 berjalan sukses. Kegiatan itu diikuti 378 mahasiswa, dengan pemateri Wahyu Liz Adaideaja, pengusaha muda sukses dari Yogyakarta. Juga, Drs Kusmana Hartadji MM dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat. Mereka ini berbagai pengalaman dan ilmu dalam berwirausaha agar lebih maju.

“Tentunya, dengan pemateri yang profesional itu, kami semua dapat pencerahan untuk dapat membuka usaha dan ingin menjadi wirausahawan muda yang handal,” ujar Ketua Himman Unigal Ciamis Tri Pujiono kepada Radar, Minggu (1/4).

Dia mengatakan seminar tersebut merupakan agenda rutin tahunan. Out put dari kegiatan itu, diharapkan semua peserta bisa memahami bagaimana langkah yang harus disiapkan untuk jadi seseorang pengusaha yang inovatif dan mandiri. Ke depannya, bisa membawa perubahan.

“Harapan kami mahasiswa Fakultas Ekonomi Unigal, bisa menjadi wirausahawan untuk mengembangkan perekonomian, khususnya di Kabupaten Ciamis, umumnya di Indonesia,” harapnya.

Ketua Program Studi (Prodik) Manajemen Unigal Elin Herlina SPd MM menuturkan visi prodi manajemen adalah melahirkan wirausahawan / wirausahawati. Sebab itu, mahasiswa tingkat awal direkomendasikan ikut seminar ini. “Tujuan kami itu, supaya pengetahuan akan menariknya menjadi wirausaha bisa mereka pahami,” ungkap Elin.

Dekan Fakultas Ekonomi Unigal Dr Ati Rosliyati SE MM AkCA mengucapkan beribu terima kasih kepada segenap panitia yang telah menyelenggarakan acara. Dengan SNEK, diharapkan mahasiswa bisa mendapat pengetahuan dan inspirasi untuk berwirausaha. Sehingga, setelah lulus nanti mindset mereka bukan lagi mencari pekerjaan, tapi menciptakan lapangan kerja.

“Saya kira dengan wirausaha akan lebih jauh bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, terutama di Ciamis ini. Bisa menekan angka pengangguran dan kemiskinan, bila tercipta lapangan kerja baru,” katanya.

Banyak bidang usaha bisa dipilih. Mulai dari membuat makanan olahan, kerajinan, sampai usaha yang memerlukan keahlian khusus. Tidak harus bermodal besar. Usaha dengan modal kecil namun dijalani dengan tekun, secara bertahap akan menjadi besar.

“Pastinya, akan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk bisa bekerja. Artinya, pengangguran juga bisa tertampung dan ke depan usaha muda bisa membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD),” paparnya. (*)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.