Mengasah Skill Penyelamatan Korban Bencana

20
LATIHAN. Anggota Tagana Kabupaten Ciamis mengikuti latihan vertical rescue di Dusun Tarikolot Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari, Minggu (10/3). Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

TAMBAKSARI – Sebanyak 30 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis memantapkan latihan penyelamatan atau vertical rescue di Dusun Tarikolot Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari, Minggu (10/3).

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan, keahlian vertical rescue harus dikuasai oleh setiap anggota Tagana. Menolong korban itu juga tidak hanya di lokasi yang mudah dijangkau, tetapi juga di titik sulit yang butuh bantuan alat-alat khusus. “Makanya kita memantapkan latihan bersama 30 anggota lama atau anggota baru Tagana agar semua mampu mengusai cara penyelamatan di lokasi terjal atau ekstrem sekalipun,” tutur Ade kepada Radar, Minggu (10/3).

Lokasi latihan yang dipilih pun cukup ekstrem. Para anggota harus memanjat tebing setinggi 30 meter dan pohon-pohon tinggi. Para peserta menaiki ketinggian itu dilengkapi helm, tambang dan peralatan lainnya agar aman dan nyaman. Fokus latihan lebih kepada mengasah peserta agar mampu memanjat dan turun dari ketinggian dengan cepat dalam proses penyelamatan. “Kemampuan penyelamatan itu sangat diperlukan mengingat Kabupaten Ciamis menjadi rawan berbagai kejadian bencana alam,” kata dia.

Dalam kurun waktu sebulan ke belakang, Ciamis kerap kali diterjang longsor dan angin kencang. Maka dari itu, pemantapan latihan tersebut benar-benar dibutuhkan anggota agar bisa cepat tanggap menyelamatkan nyawa korban.

Anggota Tagana sudah sering berhadap dengan suasana bencana. Mereka menjadi yang terdepan dalam menebang pohon tumbang, menuruni tebing curang hingga membawa korban. “Latihan ini memang sangat kita perlukan sehingga harus terus kami asah,” katanya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.