Mengecam Penindasan di Uighur

128
0
Ini sudah melakukan pelecehan. Makanya Indonesia harus secara tegas menindak negara Cina yang melakukan tindakan semena-mena,” Jamiludin Hidayat SPd MSc Ketua STAI AL-Ma’arif Kabupaten Ciamis

CIAMIS – Tindakan represif pemerintah Cina kepada muslim Uighur mendapatkan kecaman muslim internasional. Termasuk di Indonesia.

Ketua STAI AL-Ma’arif Kabupaten Ciamis Jamiludin Hidayat SPd MSc mengecam pemerintah Cina yang telah melakukan penindasan kepada minoritas muslim Uighur.

“Saya sebagai umat Islam mengecam tindakan pemerintah Cina,” ujar Jamiludin kepada Radar, Sabtu (4/1).

Dia berharap pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomatis untuk mengingatkan pemerintah Cina, yang jelas sudah keterlaluan menindas umat islam Uighur. Apalagi, saat ini, Cina berulah dengan mengklaim Perairan Natuna sebagai wilayah mereka.

“Ini sudah melakukan pelecehan. Makanya Indonesia harus secara tegas menindak negara Cina yang melakukan tindakan semena-mena,” ujarnya.

Dewan Guru di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Ciamis Ebeg Saepurrohman juga mengecam aksi pemerintah Cina kepada muskim Uighur.

“Selama ini minoritas Islam di Cina tidak melakukan pemberontakan atau memerangi orang lain. Namun justru sebaliknya malahan dilukai dan ditindas oleh negaranya sendiri, tampa diberikan perlindungan sama sekali,” kecamnya.

Kaum muslim di Ciamis, sebelumnya, menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur. Mereka tergabung dalam Forum Umat Islam Ciamis Peduli Uighur.

Aksi damai tersebut digelar di Alun-Alun Ciamis Jumat siang sekitar pukul 13.00. Mereka menggalang dana untuk didonasikan kepada muslim Uighur di Cina.

“Kita sebagai umat muslim wajib melakukan solidaritas sebagai bentuk penekanan opini terhadap rezim komunis Cina. Saat ini mereka bertindak di luar adab kemanusiaan,” ujar Pembina Forum Umat Islam Ciamis Peduli Uighur Kabupaten Ciamis KH Nonop Hanafi sebelum aksi.

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda II Bayasari Kecamatan Jatinagara ini sangat mengecam penindasan muslim Uighur di Cina. Untuk itu, pihaknya mendorong Indonesia menjadi tim inisiasi dan melakukan lobi-lobi Internasional serta hubungan diplomatik agar Cina tidak lagi melakukan tindakan represif kepada muslim Uighur. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.