Mengedukasi Warga tentang Penderita Gangguan Jiwa

25
0
USAI PEMBENTUKAN. Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat usai pembentukan di aula Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Selasa (23/7). RADIKA ROBI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pemerintah Kecamatan Singaparna melak­sanakan pembentukan tim Pelak­sana Kesehatan Jiwa Masyarakat (PKJM) di kantor aula kecamatan, Selasa (23/7).

Camat Singaparna Denden Trio TS mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan tersebut dihadiri pula Kasi PTM Dinas Kesehatan Kabu­paten Tasikmalaya, unsur mus­pika, perangkat desa dan kader kesehatan UPT Puskesmas Singaparna.

“Kegiatan ini guna membentuk tim PKJM dan untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa, pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran dan berupaya untuk mencegah gangguan kejiwaan sejak dini,” ujar Denden kepada Radar.

Ia menyebutkan, para penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang belum terdeteksi dan tercatat atau terlaporkan, maka diperlukan adanya kerja sama antara pemerintah desa dan masyarakat. Dengan begitu penderita ODGJ dapat terdeteksi.

“Penderita ODGJ tidak hanya orang gila atau penderita berat, tetapi juga orang yang dalam tekanan, stres dan berperilaku tidak sesuai dengan kebiasan lainnya,” kata dia.

Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya H Hendri Hendria mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan ODJG.

“Penanganannya juga bukan hanya dari pemerintah daerah semata. Tetapi juga keluarga dan lingkungan membantu dan mengantisipasi ODMK,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.