Kolecer Akan Ditambah di Lokasi Strategis

Mengembalikan Minat Baca Milenial

118
0
KOTAK LITERASI. Anak-anak mengakses buku di Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) Masjid Agung Singaparna Jumat (5/7). Kolecer akan ditambah di tempat-tempat strategis lainnya.

TASIK – Guna meningkatkan minat baca di Kabupaten Tasikmalaya, Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) akan ditambah di beberapa titik keramaian di Kabupaten Tasikmalaya.

Pengurus Kolecer Dadan Bastian SKom mengatakan, perpustakaan jalanan atau Kolecer merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui kemudahan akses informasi dan tempat baca alternatif.

“Di Kabupaten Tasikmalaya, Kolecer baru ada satu di Masjid Agung Singaparna. Rencana kita akan tambah di Alun-alun Manonjaya, Karangnunggal, Ciawi dan tempat lainnya yang dinilai representatif,” ujarnya kepada Radar, Jumat (5/7).

Ia mengatakan, Kolecer ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca generasi milenial yang mulai terkungkung gawai teknologi. Makanya, ruang baca di tempat publik merupakan langkah strategis dalam mengembalikan minat anak muda untuk membaca buku.

“Bagaimana orang mau baca buku kalau tidak ada bukunya. Sehingga ruang baca publik inilah yang harus diperbanyak,” katanya.

Lanjutnya, ke depannya ia akan mengajukan bantuan ke dinas terkait untuk penambahan Kolecer yang ditempatkan di setiap kecamatan. Sehingga warga mudah menjangkau buku bacaan. “Saya sedang mengusahakan agar ada penambahan Kolecer. Mudah-mudahan segera terealisasi,” jelasnya. Sehingga Kolecer ini menjadi tempat bermain warga, tempat berkumpul komunitas warga yang dikelilingi oleh buku-buku. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.