Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.8%

0%

Mengembangkan Hidroponik Berbasis Internet

39
0
Abdul Haris

CIAMIS – Desa bisa menjadi pusat inovasi per­tanian. Contohnya, Desa Karang­kamulyan Kecamatan Cijeungjing. Mereka mengembangkan per­tanian hidproponik berbasis internet.

Kepala Desa Karangkamulyan Abdul Haris mengatakan pertanian hidroponik di Desa Karangkamulyan menggunakan teknik komputer. Prosesnya menggunakan kontrol sistem internet of things. Sedangkan media tanamnya menggunakan bahan dasar sabut kelapa yang sudah kering.

Cara kerja pertanian hidro­ponika internet of things meng­gunakan software dari aplikasi yang bisa digunakan smartphone.

“Yang cukup dibanggakan dalam teknik tanaman hidroponik ini yaitu menggunakan media tanam yang bahan dasarnya itu sabut kelapa kering. Jadi, selain kualitas tanamannya higienis dan bersih,” ujarnya kepada Radar, Senin (11/11).

Tanaman hidroponik Imahan IOT Vertical Garden sepenuhnya menggunakan sistem komputer. Jadi mengurangi beban kerja manusia. “Karena tinggal klik tombol di aplikasi khusus dalam smartphone di mana saja,” ujarnya.

Media tanam Imahan IOT Vertical Garden ini merupakan satu-satunya tanaman hidroponik di Ciamis bahkan mungkin di In­donesia yang media tanamnya meng­gunakan sabut kelapa. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.