Mengganggu Pohon, Coran Dibongkar

114
0
DIBONGKAR LAGI. Para pekerja kembali membongkar lapisan cor yang menempel pohon Rabu (10/7). Mereka membongkar kembali coran disaksikan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar. Cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar telah mengeluarkan teguran kepada perusahaan yang mengecor trotoar di Jalan Gerilya. Coran yang dianggap mengganggu kehidupan pohon itu pun kembali dibongkar Rabu (10/7).

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kota Banjar Agus Mulyana memantau pembongkaran cor tersebut. “Kami di lokasi dan sudah kami tindaklanjuti. Akan kami awasi terus pembongkaran ini, hingga semua cor-coran tidak menimbulkan dampak buruk bagi pohon di sekitar trotoar ini,” kata Agus Rabu (10/7).

Ia mengatakan pengecoran trotoar harusnya memberikan ruang bagi resapan air, supaya bisa diserap akar pohon. Harusnya, kata dia, jarak antara pohon dengan tembok cor sekitar 50 sentimeter (cm) berbentuk lingkaran atau persegi.

“Ini kan sebelumnya tidak diberikan ruang untuk resapan air, ngecornya full sampai adukan cornya kena ke pohon, diratakan. Makanya kami tindaklanjuti,” kata dia.

Ia meminta pihak perusahaan yang mengecor trotoar secepatnya memperbaiki pekerjaannya, supaya keberlangsungan pohon peneduh di pinggir jalan tidak terganggu.

“Kami sudah sampaikan ke pihak perusahaan melalui surat tertulis, cuma belum ketemu karena mereka (perusahaan swasta) belum memiliki bangunan dan kantor di sini,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Yoyo Suharyono dalam wawancara sebelumnya meradang ketika mengetahui adanya pengecoran trotoar yang tidak mempertimbangkan keberadaan pohon.

“Tidak meminta izin dulu dari pemerintah kota, padahal untuk keberadaan pohon-pohon itu kewenangannya ada di kami. Ditambah memang status jalan itu milik Kota Banjar. Kami menyayangkan hal ini, semoga menjadi pembelajaran bagi yang lain untuk melakukan prosedur secara benar,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.