Mengolah Limbah Menjadi Bermanfaat

216
0
UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA KARYA SISWA. Siswi dan siswa SMP Islam Galunggung Padakembang Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan barang-barang dari limbah sehari-hari kemarin (7/11).

Siswa SMPI Galunggung
Buat Kerajinan dari Limbah
TASIK – Sekolah Menengah Pertama Islam Galunggung (SMPI) Padakembang Kabupaten Tasikmalaya terus mengembangkan kreativitas siswa. Salah satunya, mereka mewadahi siswa di ekstrakulikuler kesenian dan kerajinan.
Kepala SMPI Galungung Padakembang Zenal Arifin SPdI mengatakan pembinaan kerajinan dan kesenian melalui ekstrakulikuler di SMPI Galungung sudah berjalan selama satu tahun. ”Sekolah mewajibkan semua siswa mengikuti ekskul ini,” katanya Selasa (7/11).
Dalam ekstrakulikuler kesenian dan kerajinan, siswanya diberikan pemahaman dan pembelajaran menggunakan limbah alam yang bisa mempunyai harga ekonomis yang tinggi. ”Mereka (siswa) belajar membuat kerajinan dari bahan alam, lalu melukisnya supaya terlihat menarik,” ungkap Zaenal.
Selama satu tahun, kata dia, melalui eskul tersebut siswa sudah membuat beberapa kerjinan. Mulai cangkir batok, gantel kunci, kalung biji-bijaan, lukisan menggunakan biji-bijian, termasuk padud. ”Alhamdulillah hasil karya mereka sudah bisa kami pasarkan,” jelas dia.
Membina para siswa, terangnya, SMPI Galunggung mendatangkan pembina dari luar. ”Saya sendiri sebagai pembinanya kalau dari sekolah,” ujar dia.
Setiap satu minggu sekali, hari Jumat, setelah pulang sekolah, anggota ekskul kerajinan dan kesenian mengikuti pendidikan kreativitas. ”Biasanya lebih banyak peraktik dari pada materi,” kata dia.
Zaenal berharap melalui ekskul kesenian dan kerajinan, siswanya mempunyai kreativitas tinggi dalam memanfaatkan limbah alam untuk dijadikan bahan yang harga nilanya tinggi. ”Mudah-mudahan saja ini menjadi bekal nanti setelah keluar dari sekolah,” harapnya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.