Menguasai Teknologi dan Berakhlak Baik

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – SMK Terpadu Al Ikhwan Tasikmalaya memadukan kurikulum pendidikan pondok pesantren dengan kurikulum pendidikan nasional. Tujuannya agar siswa memiliki tiga jenis kecerdasan yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual.

Ketua Yayasan Ponpes Al Ikhwan Tasikmalaya Prof Dr KH Muhsin An Syadilie MSi menuturkan penggabungan kurikulum ini diimplementasikan di lingkungan sekolah dengan menghadirkan program tahfidz Alquran, kajian kitab kuning dan program pembelajaran dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
“Program ini berlaku untuk semua kompetensi keahlian yakni  teknik komputer jaringan (TKJ), teknik sepeda motor (TSM), Perbankan Syariah dan Asisten Keperawatan,” jelas Muhsin kepada Radar, Kamis (6/9).

Dia berharap, dengan model kurikulum yang diterapkan mampu mencetak generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan akhlak yang baik. “Menguasai teknologi harus, tapi harus dibarengi dengan nilai spiritual, karena akhlak ini menjadi pondasi,” katanya.

Wakasek Kurikulum SMK Terpadu Al Ikhwan Dessy Syam Fuadah SPd MPd menambahkan, sekolahnya memiliki jargon BMW yang merupakan singkatan dari bekerja, melanjutkan dan wirausaha. “Dengan jargon ini menjadi dasar penyunan program dari awal masuk tahun ajaran baru,” katanya. Untuk menyiapkan lulusan yang bisa bekerja, wirausaha maupun melanjutkan ke perguruan tinggi, maka SMK Terpadu Al Ikhwan rutin menggelar kelas inspirasi yang menghadirkan pemateri dari dunia usaha dan industri.

Kelas inspirasi ini ditujukan untuk siswa kelas XII. Sehingga bisa memberikan inspirasi bagi siswa yang hendak lulus untuk menentukan tujuan hidup ke depannya.

“Seperti yang kita lakukan sekarang, khusus kelas XII kompetensi TKJ ada pelatihan marketing, atau training mikrotik MTCRE dari IDN Boarding school Jongol Kabupaten Bogor,” katanya. Diharapkan, siswa tidak hanya punya mental pekerja

namun juga jiwa entrepreneur dan menciptakan lapangan pekerjaan. “Para lulusan nanti selain bisa bekerja juga bisa memanfaatkan internet atau teknologi untuk mencari penghasilan atau berwirausaha,” tambah Kaprodi TKJ SMK Terpadu Al Ikhwan Wina Wulansari SPd. (ais)

loading...