Menguji Siswa Di Bidang Sains

78
0
PERSIAPAN. Panitia Bintang Sains 2019 telah menyiapkan perangkat penghargaan, trofi dan hadiah yang akan diselenggarakan hari ini (15/12), di Mayasari Plaza. Firgiawan / Radar Tasikmalaya

TASIK – Hari ini (15/12), sebanyak 645 siswa yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Tasikmalaya akan berkompetisi dalam program Bintang Sains 2019. Kegiatan yang digagas Radar Tasikmalaya Group ini diselenggarakan di Lantai II Mayasari Plaza.

Para siswa nanti akan diuji soal wawasan pengetahuan alam dengan memperebutkan hadiah utama Study Tour ke Singapura. Acara tersebut pun akan dihadiri unsur pemerintah, TNI/Polri, tokoh pengusaha, tokoh masyarakat serta para pegiat literasi yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Direktur Radar Tasikmalaya Group Dadan Alisundana mengatakan sumber daya manusia merupakan bagian penting pembangunan Kota Tasikmalaya ke depan agar lebih maju dan hebat. “Upaya untuk membangun itu, maka harus mewujudkan generasi yang unggul yakni dengan mempersiapkan generasi cerdas dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Indikator generasi unggul, kata dia, diantaranya memiliki skil mumpuni, ilmu pengetahuan luas dan akhlak yang baik. Dalam mewujudkannya butuh semua pihak bergerak, untuk bersama-sama mengambil peran. “Bintang Sains adalah salah satu upaya yang dilakukan Radar Tasikmalaya, untuk mewujudkan generasi unggul dan bermental juara. Karena akan teruji skill, pengetahuan dan akhlak siswa dalam berkompetisi,” tuturnya.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan. Sebab, tantangan ke depan Indonesia akan mendapatkan limpahan yang dikenal dengan bonus demografi. Hal itu bisa menjadi peluang, dan juga bisa menjadi bencana. Peluangnya, ketika limpahan sumber daya manusianya nanti merupakan generasi unggul. Akan berpeluang membuat kota dan bangsa ini maju. “Tetapi ketika generasinya tidak unggul, dia akan jadi ancaman terhadap kota dan negara. Karena itu. semua pihak harus sama-sama mengambil bagian membangun generasi unggul ini,” katanya memaparkan.

Ketua Panitia Bintang Sains Usep Saefulloh mengatakan penduduk Indonesia di Tahun 2045, 70 persen­nya berusia produktif 15-64 tahun. Sehingga, diprediksi menjadi ne­gara besar dan maju. Dengan usia war­ganya mayoritas produkif, pada 2045 diprediksi pendapatan per kapita per tahun warga Indonesia bisa mencapai US$ 30.000. Jumlah ter­sebut di atas Korea Selatan saat ini.

“Mimpi besar Indonesia sebagai negara besar dan maju harus diwu­judkan. Sejak saat ini, semua elemen bangsa harus bergerak bersama mempersiapkan generasi hebat dan unggul. Dengan begitu, generasi baru akan menjadi tumpuan utama menggerakan kemajuan bangsa di masa yang akan datang,” katanya.

Sebagai salah satu elemen bangsa, Radar Tasikmalaya Group bertekad mempersiapkan generasi unggul, cemerlang dan hebat. Untuk menyukseskan tujuan itu perlu kolaborasi banyak pihak. “Kami bersama Pemkot Tasikmalaya, Kankemenag Kota Tasikmalaya, PGRI dan pihak lainnya memiliki keinginan yang sama yaitu hadirnya generasi unggul di Kota Tasikmalaya ini,” tutur Usep.

Bintang Sains, kata dia, merupakan salah satu ikhtiar Radar Tasikmalaya Group menyongsong bonus demografi di Tahun 2045. Dengan mewujudkan Indonesia Maju. “Kami mencari juara 1,2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3. Untuk para juara, nantinya berkesempatan study tour ke Singapura,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, akan ada 29 penganugerahan terhadap tokoh, instansi, perusahaan dan organisasi. Pihak-pihak yang sudah mendukung dan peduli dalam menyukseskan Bintang Sains 2019 di Kota Tasikmalaya.

Koordinator Kegiatan Bintang Sains 2019, Tina Agustina menyampaikan para peserta diharapkan hadir maksimal 15 menit sebelum kegiatan dimulai. pukul 7.00-8.00 pagi dilaksanakan registrasi. “Pukul 8.00-9.00 sesi pertama dimulai. Sampai sesi terakhir yakni sesi 4, dijadwalkan pukul 12.00 siang kemudian istirahat,” katanya.

Selanjutnya, kata Tina, semifinal dan final berlangsung pada pukul 13.00- 14.00 kemudian 14.00-15.00. Setelah itu, dilaksanakan seremoni penyerahan hadiah, penghargaan serta ragam pertunjukan hiburan. “Nanti ada penampilan angklung dari PGRI Kota Tasikmalaya, silat dan pengenalan seragam tentara dari Brigif 13 Galuh,” ujar Tina. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.