Mengukur Popularitas Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

5260
0

TASIK – Popularitas merupakan fenomena sosial tentang persepsi kolektif masyarakat,  yang menentukan siapa paling banyak dikenal orang. Melalui berbagai sarana, seseorang bisa meraih popularitas, baik cepat atau lambat. Semakin banyak dikenal, semakin populer namanya.

Dalam politik, popularitas penting hanya sebagai pintu masuk tapi popularitas bukanlah segalanya dan tidak menjamin seorang kandidat dikenal atau tidak oleh pemilih, seorang kandidat bisa populer karena track record-nya.

Untuk itu, radartasikmalaya.com mencoba mengukur tingkat popularitas kandidat di Pilkada Tasikmalaya Tahun 2020 yang muncul ke publik. Sebanyak 10 nama kandidat telah mengikuti polling yang dilakukan efektif sejak Oktober 2019.

Hingga kini terhimpun 25.568 voter asal Kabupaten Tasikmalaya. Mereka adalah pengunjung setia website radartasikmalaya.com, mereka memilih dari sekian nama yang disediakan pada pilihan kolom Siapa Calon Bupati Pilihan Anda?.

Operator dan Web Developer radartasikmalaya.com Andriansyah mengatakan awalnya hanya dua nama yang tertera pada pilihan di website yakni H Ade Sugianto dan Iwan Saputra. Berkembangnya tensi politik di masyarakat, pilihan bertambah satu persatu sampai pada Januari 2020 terhimpun 10 nama yang menncuat.

Baca juga : Calon Independen Terbebani Syarat, Petahana Bakal Tak Ada Lawan

“Sistem yang kami gunakan one NIK (Nomor Induk Kependudukan) one vote. Sehingga, mereka yang ber-KTP diluar Kabupaten Tasikmalaya tidak bisa ikut voting, karena numerical code pada NIK setiap daerah terklasifikasi,” tuturnya, Minggu (12/1).

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.