Menikmati Keindahan Jami Aki

3399
1
BERSANTAI. Wisatawan bersantai di Jami Aki beberapa waktu lalu.

CIAMIS – Kabupaten Ciamis kaya dengan keindahan alam. Kini, ada tempat wisata baru. Namanya Gunung Jami Aki. Lokasinya di ketinggian 1.400 di atas permukaan laut.

Tempat ini cocok dipakai lokasi berkamping. Saat malam, wisatawan bisa melihat keindahan Ciamis dan Kota Tasikmalaya. Dua kawasan tersebut terlihat menyala. Cahaya itu dari lampu-lampu pemukiman.

Gunung Jami Aki masuk ke dalam wilayah RT 05/RW 17 Dusun Pangligaran Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan.

Dua minggu lalu, warga setempat membuka dan menata Gunung Jami Aki. Masyarakat bisa berkunjung dan berkamping di kawasan hutan pinus tersebut.

Untuk mencapai puncak Jami Aki, pengunjung berjalan kaki sekitar 1,3 kilometer dari RT 05/RW 17 Dusun Pangligaran Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan.

Ketua Pengelola Wisata Alam Gunung Jami Aki, Asep Windaya menjelaskan sejak dibuka dua minggu lalu, jagat media sosial diramaikan dengan foto-foto keindahan Jami Aki. Foto-foto tersebut dari pengunjung yang melakukan swafoto.

“Baru dibuka dua minggu bisa menghadirkan pengunjung 500 orang,” ujar dia saat diwawancarai Radar, Sabtu (6/7).

Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang untuk bisa berlibur di Jami Aki. “Bisa sepuasnya menikmati indahnya pemandangan alam yang ada,” ujar Asep.

“Selanjutnya untuk sewa lapak (tempat, Red) perkemahan hanya Rp 20.000,” kata dia membeberkan.

Asep berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa segera membangun infrastruktur di Jami Aki. Terutama membangun jalan menuju objek wisata alam tersebut.

“Jalan masih berbatu untuk ke tempat swafoto dan tempat kamping,” kata dia.

Sementara untuk tempat ibadah dan WC, kata Asep, di Jami Aki sudah ada. Itu hasil swadaya warga.

Terpisah, warga Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan Iman Abadi (28) pembangunan tempat swafoto dan kamping di Jami Aki bertujuan mendongkrak roda perekonomian daerah setempat. Apalagi, menurut Iman, Desa Medanglayang tergolong belum dikenal dibandingkan desa-desa di sekitarnya.

“Harapannya Desa Medanglayang ke depan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Jika itu terwujud, pastinya perekonomian warga bisa meningkat,” terangnya.

“Yang jelas pembangunan spot selfie (tempat swafoto, Red) di sini dari warga dan tentunya hasilnya akan kembali ke mereka sendiri,” ucapnya. (mg1)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.