Menikmati Wisata di Timur Pangandaran

178
0

Wisata alam di Kabupaten Pangandaran bagian timur atau lebih tepatnya di Kecamatan Cimerak, tidak kalah hebatnya dengan Pangandaran bagian barat, seperti Pangandaran dan Kalipucang.

Kecamatan Cimerak memiliki beberapa wisata andalan terutama pantai. Sebut saja Pantai Madasari dan Pantai Legokjawa. Dua pantai ini menjadi yang paling populer di timur Pangandaran.

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah sementara Pantai Legokjawa ada di Desa Legokjawa. Jarak kedua pantai ini tidak terlalu jauh bahkan berdampingan.

Jarak yang bisa ditempuh untuk menuju kedua pantai ini sekitar 50 km dari arah Pangandaran. Waktu tempuhnya sekitar 44 menit.

Akses jalan ke dua lokasi wisata alam ini sudah bagus, jadi perjalanan pun bisa ditempuh dengan cepat, apalagi kalau menggunakan sepeda motor.

Sesampai di Madasari, kita bisa merasakan suasana yang masih asri. Pepohonan, seperti ketapang dan juga dahon masih banyak dijumpai. Warung-warung milik warga setempat berjejer.

BERSANTAI. Foto atas, Pantai Legokjawa di Kecamatan Cimerak cocok untuk bersantai. Wisatawan saat berwisata di Pantai Madasari, Cimerak Sabtu (7/3). foto-foto: deni nurdiansah / radar tasikmalaya
BERSANTAI. Foto atas, Pantai Legokjawa di Kecamatan Cimerak cocok untuk bersantai. Wisatawan saat berwisata di Pantai Madasari, Cimerak Sabtu (7/3). foto-foto: deni nurdiansah / radar tasikmalaya

Sesampai di Madasari, kita langsung disuguhi oleh pemandangan pantai indah. Ombak besar menerjang karang.

Namun sayangnya, pantai tersebut cukup berbahaya jika dipakai untuk berenang, karena di sana banyak sekali terumbu karang.

Salah seorang warga Toha (45) mengatakan Pantai Madasari ramai dikunjungi ketika libur. Akhir pekan. Kebanyakan pengunjung adalah warga sekitar dan dari luar Pangandaran.

“Kalau turis jarang yang ke sini,” ungkapnya.

Menurut Toha, Pantai Madasari terhitung objek wisata yang masih baru, pengelolaannya juga masih dilakukan oleh karang taruna.

“Jadi pengelolaannya bukan oleh pemerintah,” terangnya.

Bergeser lagi ke arah timur, kita bisa menjumpai Pantai Legokjawa. Pantai di sini juga banyak ditumbuhi karang. Namun banyak peselancar yang suka bermain surfing di sini.

“Wah kalau hari ini sepertinya tidak ada yang berselancar,” ungkap warga sekitar Ahmad Marzuki (35).

Menurut dia, turis mancanegara lebih tertarik untuk mengunjungi Pantai Legokjawa.

“Karena cocok untuk berselancar,” tegasnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.